Sambut Nataru, Pertamina Kucurkan Rp60 M Jaga Stok Pertalite dan Solar

Mela Syaharani
22 November 2023, 11:59
pertamina, bbm, bbm bersubsidi, pertalite, solar, nataru
ANTARA FOTO/Basri Marzuki/nym.
Sopir truk menunggu proses pengisian BBM jenis solar subsidi di salah satu Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (21/11/2023).

PT Pertamina telah menyiapkan sejumlah langkah strategis untuk mengamankan pasokan BBM sebagai persiapan untuk menghadapi libur Natal 2023 dan tahun baru 2024 atau nataru, termasuk BBM bersubsidi Pertalite dan solar.

Untuk menjaga pasokan Pertalite dan Solar, Pertamina membutuhkan dana sekitar US$ 3,8 juta atau sekitar Rp 59,2 miliar berdasarkan kurs saat ini, untuk periode November hingga Desember 2023.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati juga menyampaikan komitmen untuk mengamankan pasokan BBM selama nataru dengan rata-rata stok 21-26 hari.

“Kami pastikan rata-rata stok BBM antara 21-26 hari dengan nilai idle money yang harus kita tahan hari ini di inventory sekitar US$ 7,5 miliar untuk menjaga keamanan pasokan,” kata Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi VII DPR RI pada Selasa (21/11).

Nicke mengatakan bahwa konsumsi BBM bersubsidi tahun ini berpotensi melebihi kuota. Meski begitu Pertamina masih memiliki dana untuk menambah kuota tersebut dari sisa anggaran penyaluran LPG 3 kg bersubsidi.

“Walaupun overkuota, ada sedikit peningkatan di volume, namun dari sisi kebutuhan anggarannya ini sangat aman, karena anggaran untuk LPG hanya terpakai sebagian. Jadi ada sisa anggaran yang bisa digunakan untuk menambah anggaran untuk tambahan kuota ini,” ujarnya.

Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Riva Siahaan mengatakan untuk BBM pertalite akan disiapkan minimal 18 hingga 26 hari. “Kami akan menyiapkan 18-26 hari, di mana 18 hari posisi saat ini adalah posisi minimal,” ujarnya dalam rapat yang sama.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...