Pertamina Setop Pasok BBM ke 400 SPBU Penyalahguna Pertalite dan Solar

Mela Syaharani
22 November 2023, 19:59
pertamina, bbm, bbm bersubsidi, pertalite, solar
ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/aww.
Petugas SPBU mengisi BBM jenis solar subsidi di salahsatu SPBU, Kota Bogor, Jawa Barat, Kamis (25/5/2023).

Pertamina berupaya untuk memastikan penyaluran BBM bersubsidi Pertalite dan Biosolar lebih tepat sasaran. Salah satu upaya tersebut yaitu penindakan SPBU nakal yang terlibat dalam tindakan penyalahgunaan BBM bersubsidi.

Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Riva Siahaan mengatakan bahwa melalui tindakan pengawasan bersama aparat penegak hukum, hingga 19 November 2023 sebanyak lebih dari 400 SPBU dikenakan sanksi setop pasokan dan dikenakan denda hingga Rp 14,8 miliar.

Advertisement

"Pertamina melakukan berbagai macam upaya untuk bisa mengendalikan dan memastikan subsidi BBM dan LPG tepat sasaran. Kami membaginya menjadi 3 bagian, pengendalian, pencegahan dan pengawasan," ujarnya dalam Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi VII DPR, dikutip Rabu (22/11).

Riva menjelaskan bahwa dari tindakan pengendalian melalui program Subsidi Tepat, Pertamina berhasil menghemat konsumsi Biosolar sebesar 1,7 juta kilo liter (Kl), sedangkan Pertalite saat ini konsumsinya di bawah kuota hingga 1,3 juta Kl.

Kemudian dari upaya pencegahan melalui proses registrasi program Subsidi Tepat, Pertamina sukses menghemat konsumsi BBM bersubsidi sebesar 300 ribu Kl. "Dari proses registrasi subsidi, kami melakukan pemblokiran dan pengecekan data di Korlantas," ujarnya.

Adapun dari proses registrasi ini Pertamina telah memblokir sekitar 260 ribu pendaftar program Subsidi Tepat, yakni 228 ribu diblokir lantaran data kendaraannya tidak terdapat di data Korlantas. Sedangkan 32 ribu kendaraan pendaftar diblokir karena beberapa alasan.

"Pertama data tidak sesuai data Korlantas, kedua diindikasikan sebagai pelangsir atau melakukan pengisian berulang-ulang, lalu foto indikasi edit yang dimaksudkan data kendaraan yang disampaikan terindikasi palsu," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement