Pembangunan Gardu Listrik Berteknologi GIS di IKN Sudah 50%

Desy Setyowati
27 November 2023, 07:49
gis 4 ikn, ikn, listrik di ikn,
ANTARA/HO-PLN Kaltimra
Pekerja di proyek GIS 4 IKN di dekat Kawasan Induk Pusat Pemerintahan (KIPP). Pada akhir November 2023 ini, GIS 4 sudah selesai 50%.

Pembangunan gardu listrik induk berteknologi Gas Insulated Switchgear alias GIS untuk mengatur distribusi listrik di Ibu Kota Nusantara atau IKN, khususnya kawasan induk pusat pemerintahan, sudah mencapai 50%.

“GIS 4 KIPP/Sepaku 150 kV atau GIS 4 IKN menunjukkan progres pembangunan yang positif,” kata General Manager PLN Unit Induk Pembangkitan Kalimantan Bagian Timur Raja Muda Siregar dalam keterangan pers, Senin (27/11).

“Jadwal berikutnya yakni pemasangan peralatan di Maret hingga April 2024. Target kami sudah COD alias Commercial Operation Date, beroperasi pada Mei 2024,” Raja menambahkan.

Hal tersebut dimungkinkan karena sejumlah pekerjaan dasar struktur dan fondasi bangunan selesai 100%. Rencana pekerjaan selanjutnya yaitu penguatan struktur, pengecoran balok dan pemasangan peralatan elektromekanik di sejumlah area, termasuk pengecoran fondasi switchyard trafo, meratakan tanah untuk lahan parkir, dan menguji tekan beton.

Raja menambahkan, GIS 4 IKN menjadi bagian dari empat infrastruktur ketenagalistrikan yang masuk dalam stream 1 atau menjadi tanggung jawab PLN UIP KLT.

Selain GIS 4, terdapat proyek pembangunan Gardu Induk atau GI 150 kV Kariangau Ext 2 LB Arah GIS 4 IKN/Sepaku, jalur transmisi Saluran Udara Tegangan Tinggi alias SUTT 150 kV dari Kariangau ke Landing Point GIS 4 IKN/Sepaku, dan SKTT/SUTT 150 kV Landing Point GIS 4 KIPP ke GIS 4 IKN/Sepaku.

Raja juga menjamin GIS 4 IKN akan menjadi salah satu daya dukung kelistrikan yang andal. GIS dipilih sebagai substansi sistem tenaga listrik lantaran menggunakan gas isolasi, yaitu sulfur hexafluoride (SF6) yang memiliki sifat menolak listrik yang sangat baik.

Selain itu, dari sisi konstruksi GIS lebih kompak, sehingga membutuhkan ruang fisik bangunan yang lebih kecil.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...