Harga Minyak Naik Tipis di Tengah Kekhawatiran Pasokan Berlebih

Happy Fajrian
12 Desember 2023, 11:53
harga minyak
medcoenergi
Blok Migas Rimau.

Harga minyak naik pada perdagangan Selasa (12/12) di tengah kekhawatiran pasokan berlebih dan melemahnya permintaan. Pasar juga bergerak lebih hati-hati menjelang pengumuman suku bunga acuan bank sentral Amerika Serikat (AS), The Federal Reserve, dan data inflasi.

Minyak mentah Brent naik 26 sen atau 0,3% menjadi US$ 76,29 per barel, sedangkan West Texas Intermediate (WTI) AS juga naik 26 sen atau 0,4% menjadi US$ 71,58 per barel.

“Semua perhatian pasar akan tertuju pada data consumer price index (CPI) hari ini yang berpotensi mempengaruhi pembuat kebijakan AS dalam menentukan suku bunga kebijakan,” kata analis pasar IG, Yeap Jun Rong, seperti dikutip Reuters.

Data inflasi AS rencananya akan diumumkan hari ini, sedangkan rapat dua hari komite pasar terbuka federal AS (FOMC) untuk menentukan suku bunga acuan akan berakhir pada Rabu (13/12).

The Fed diperkirakan mempertahankan suku bunga. Namun pada pertemuan bulan lalu masih banyak pejabat bank sentral yang masih khawatir dengan kondisi inflasi, sehingga membuka peluang untuk pengetatan lebih lanjut jika dibutuhkan.

“Perkembangan inflasi lebih lanjut akan diawasi untuk memvalidasi efektivitas kebijakan pembatasan yang ada saat ini dan memberikan lebih banyak ruang bagi Fed untuk menimbang penurunan suku bunga pada 2024 jika kondisi ekonomi memburuk,” kata Yeap.

Hal yang juga mendorong kenaikan harga minyak adalah sebuah rudal jelajah yang diluncurkan dari Yaman yang dikuasai Houthi, menghantam sebuah kapal tanker kimia komersial, menyebabkan kebakaran dan kerusakan namun tidak ada korban jiwa.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...