BPH Migas Prediksi Konsumsi BBM Naik hingga 6% pada Libur Nataru

Mela Syaharani
15 Desember 2023, 18:48
konsumsi bbm, bbm, bph migas, nataru
ANTARA FOTO/Basri Marzuki/nym.
Sopir truk menunggu proses pengisian BBM jenis solar subsidi di salah satu Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (21/11/2023).

Pemerintah berusaha memenuhi kebutuhan pasokan bahan bakar minyak (BBM) periode Hari Raya Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 atau Nataru. Kepala BPH Migas Erika Retnowati mengatakan berdasarkan proyeksi penyaluran BBM selama Nataru diperkirakan ada sejumlah kenaikan dan penurunan kebutuhan.

“Kondisi ketahanan stok bbm aman, baik gasoline, gasoil, kerosen maupun avtur dengan ketahanan stok di atas 17 hari,” kata Erika dalam konferensi pers pembukaan posko nasional sektor ESDM Periode Nataru 2023/2024 pada Jumat (15/12).

Dia merinci kebutuhan akan gasoline atau bensin meningkat 4%, sementara gasoil atau solar turun 3,6%. Di sisi lain kebutuhan avtur akan naik 6% dan BBM industri turun 9%.

Guna menjaga ketersediaan BBM, BPH Migas dan Pertamina akan menyiagakan 114 terminal BBM, lebih dari 7400 stasiun pengisian bahan bakar, 71 depot pengisian pesawat udara. Mereka juga akan menyediakan fasilitas tambahan yang diperuntukkan bagi wilayah dengan demand tinggi.

Selain minyak, BPH migas juga menjelaskan bahwa pasokan gas selama nataru dalam keadaan aman. “Prognosa ketahanan stok LPG nasional dalam kondisi aman, dengan coverage days LPG rata-rata 18 hari. Kondisi stok LPG dipertahankan stabil selama Nataru,” kata Erika.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...