KKKS Seleraya Belida Kerek Produksi Minyak Sumur SAS-1 Dua Kali Lipat

Happy Fajrian
29 Desember 2023, 15:41
produksi minyak, skk migas, kkks seleraya belida
SKK Migas
KKKS Seleraya Belida berhasil meningkatkan produksi sumur Sungai Anggur Selatan-1 (SAS-1) dari 1.000 barel minyak per hari (BOPD) menjadi 2.000 BOPD.

SKK Migas melakukan inspeksi mendadak (sidak) proyek Seleraya Belida (SRB) di Gelumbang, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan, yang berhasil meningkatkan produksi minyak hingga dua kali lipat dari semula 1.000 barel minyak per hari (BOPD) menjadi 2.000 BOPD dari sumur Sungai Anggur Selatan-1 (SAS-1).

Sidak dipimpin Deputi Eksploitasi, Wahyu Wibowo didampingi Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagsel Anggono Mahendrawan dan Kepala Departemen Operasi SKK Migas Sumbagsel, Bambang Dwi Januarto

Dalam Inspeksi ini, Wahyu melihat langsung sumur SAS 1 yang sudah beroperasi dengan lifting sebesar 2.000 BOPD pada Jumat 29 Desember 2023. Menurutnya, SKK migas mendorong percepatan lifting migas dan hari ini terbukti Seleraya Belida melakukan peningkatan lifting menjadi dua kali lipat.

“Percepatan lifting ini berdampak positif untuk mengejar target 1 juta BOPD dan 12 BSCFD (miliar standar kaki kubik per hari) pada 2030,” kata Wahyu dalam siaran pers, Jumat (29/12).

Wahyu Wibowo memberikan apreasi kepada pekerja Seleraya Belinda dan perwakilan SKK Migas Sumbagsel karena terus mendorong peningkatkan lifting dari 1.000 BOPD menjadi 2.000 BOPD dalam 1 bulan.

Selain meningkatkan produksi minyak dari lapangan SAS-1, dalam waktu dekat akan juga dilakukan monetisasi gas sebesar 2 juta standar kaki kubik gas per hari (MMSCFD). “Kami targetkan gas yang dihasilkan bisa segera dilakukan monetisasi untuk memenuhi kebutuhan gas di wilayah Sumsel pada April 2024,” kata Wahyu.

Field Manager Proyek Seleraya Belida, Wawan Isworo mengaku senang mendapat kunjungan langsung dari manajemen SKK Migas. Dia berharap, lifting perdana hari ini, 2.000 BOPD berjalan lancar dan tidak mengalami kendala. “Tahun depan kami akan ngebor lagi dan dalam waktu dekat akan melakukan seismik,” katanya optimistis.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...