Pemerintah Berencana Bangun Kilang LNG Baru di Aceh

Mela Syaharani
12 Januari 2024, 12:34
Petugas memeriksa instalasi pipa regasifikasi (pengubahan kembali LNG menjadi gas) di area pabrik PT Perta Arun Gas (PAG) di Lhokseumawe, Aceh, Senin (27/2/2023).
ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman/tom.
Petugas memeriksa instalasi pipa regasifikasi (pengubahan kembali LNG menjadi gas) di area pabrik PT Perta Arun Gas (PAG) di Lhokseumawe, Aceh, Senin (27/2/2023).
Button AI Summarize

Pemerintah berencana membangun kilang gas alam cair (LNG) baru di Aceh. Langkah ini sebagai upaya untuk mengganti fasilitas yang sudah tua di provinsi tersebut. 

"Karena kilang di Arun tidak semua peralatan bisa digunakan,” kata Direktur Jenderal Minyak dan Gas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Tutuka Ariadji di kantornya, Jakarta, Kamis (11/1).

Rencana pembangunan kilang mulai berhembus saat Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan kilang LNG Arun tidak bisa digunakan untuk menyerap potensi gas yang ada di Aceh.

Sebagai informasi, pada Desember lalu SKK Migas bersama Mubadala Energy mengumumkan penemuan gas baru sebanyak 6 triliun kaki kubik (TCF) dari sumur Eksplorasi Layaran-1, di South Andaman. Lokasinya, sekitar 100 kilometer lepas pantai Sumatera bagian utara. 

Tutuka menyebut tidak semua fasilitas dapat direvitalisasi. Beberapa yang sudah tua bahkan harus diganti.

Sebagai informasi, gas bumi dari Sumatera Bagian Utara telah lama berproduksi. Lapangan Arun mulai mengalirkan gas pada awal 1970an. Ketika itu, perusahaan asal Amerika Serikat, Mobil Oil (lalu menjadi ExxonMobil Oil), yang melakukan pengeboran. 

Produksi gas tersebut sebagian besar diekspor ke Jepang dan Korea Selatan. Sisanya  untuk pabrik Pupuk Iskandar Muda dan Pembangkit Listrik.

Bertahun-tahun kemudian kilang LNG Arun menjadi mati suri karena kurangnya pasokan gas. Kabar baik baru muncul pada 2022. Pemerintah menyebut adanya potensi cadangan gas besar alias giant discovery di utara Aceh, termasuk Blok Andaman. 

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...