Badan Geologi Usulkan Satu Lokasi Tambang Logam Tanah Jarang di Mamuju

Mela Syaharani
19 Januari 2024, 16:55
logam tanah jarang, badan geologi, kementerian esdm
Katadata
Ilustrasi.
Button AI Summarize

Badan Geologi telah menerbitkan peta sebaran mineral kritis dan strategis. Plt Kepala Badan Geologi Muhammad Wafid mengatakan dalam peta tersebut juga ada sebaran logam tanah jarang.

Berdasarkan hasil penyelidikan, Wafid mengatakan pihaknya merekomendasikan sebuah wilayah izin usaha pertambangan (WIUP) logam tanah jarang di Indonesia.

“Kami usulkan WIUP logam tanah jarang yang pertama, yakni di Mamuju, Sulawesi Barat,” kata Wafid dalam konferensi pers yang dipantau secara daring pada Jumat (19/1).

Dalam menemukan potensi mineral kritis dan strategis ini, Wafid mengatakan pihaknya melakukan kegiatan kolaborasi dengan institusi luar negeri, salah satunya dengan Korea Selatan.

Berdasarkan paparan Badan Geologi, Pusat Sumber Daya Mineral, Batu Bara, dan Panas Bumi (PSDMBP) pada 2021 menemukan logam tanah jarang di Mamuju dengan kadar 747 hingga 4.571 ppm dalam tipe endapan lateritik atau ion adsorption.

Badan Geologi menulis, formasi pembawa logam tanah jarang ini berasal dari batuan Gunungapi Adang yang ditemui dalam mineral pembawa seperti apatit dan titanit. Satu tahun kemudian tepatnya pada 2022 kegiatan yang dilakukan PSDMBP terhadap mineral langka ini mengalami peningkatan hasil temuan.

Pada 2022 kadar logam tanah jarang yang terkandung mencapai 1.500-6.021 ppm dengan sumber daya sebanyak 85.441,26 ton. Hasil ini diperoleh dari kegiatan pengeboran dengan sistem gride di 12 titik bor, dengan total kedalaman kurang lebih 650 meter.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...