Gibran Dorong Hilirisasi, Jatam: Ini Justru Memiskinkan Warga RI

Mela Syaharani
22 Januari 2024, 16:30
Gibran
Katadata/Hufaz Muhammad
Calon wakil presiden nomor urut 02 mengacungkan dua jari pada penutupan Debat Keempat Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), pada Minggu (21/1).
Button AI Summarize

Jaringan Advokasi Tambang (JATAM) memberi respon atas pembahasan mengenai hilirisasi dalam Debat Cawapres yang dilaksanakan pada Minggu (21/1). Koordinator JATAM, Melky Nahar menilai hilirisasi bukan solusi dari permasalahan nikel Indonesia saat ini.

“Gibran selalu bilang hilirisasi, dia mengabaikan fakta atau realitas yang terjadi, bahwa hilirisasi nikel di Indonesia itu memiskinkan warga,” kata Melky dalam peluncuran laporan bertajuk: Jejaring Oligarki Tambang dan Energi dalam Pemilu 2024 di Jakarta pada Senin (22/1).

Melky menjelaskan, bahwa pernyataannya ini berdasarkan pada data Badan Pusat Statistik (BPS) mengenai wilayah-wilayah yang mempunyai sejumlah proyek hilirisasi nikel.

“BPS mengeluarkan data bahwa tingkat kemiskinan di wilayah sentra nikel kita ini sangat tinggi, seperti di Sulawesi Tengah hingga Maluku Utara,” ujarnya.

Melky juga menyoroti bagaimana penguasaan hilirisasi Indonesia di sektor nikel. “Yang menguasai sebagian besar itu perusahaan Cina, terlebih hasilnya untuk mendukung bahan industri kebutuhan dari negara lain,” ujarnya.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...