Usai Ditinggal Air Products, Begini Progres Hilirisasi Batu Bara PTBA

Mela Syaharani
8 Maret 2024, 19:10
hilirisasi batu bara, ptba, bukit asam,
ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/tom.
Aktivitas bongkar muat batu bara di pantai Desa Peunaga Cut Ujong, Meureubo, Aceh Barat, Aceh, Selasa (20/2/2024).
Button AI Summarize

PT Bukit Asam Tbk (PTBA) mengatakan sedang melakukan penjajakan dengan beberapa perusahaan untuk melanjutkan program hilirisasi batu bara melalui gasifikasi batu bara menjadi dimethyl ether (DME).

“Kami masih melakukan kajian baik secara teknologi, baik itu perusahaan Cina ataupun negara lain,” kata Direktur Pengembangan Usaha PTBA, Rafli Yandra di Jakarta pada Jumat (8/3).

Sebelumnya, PTBA pernah berencana melakukan gasifikasi batu bara dengan menggandeng perusahaan asal Amerika Serikat (AS), Air Products. Namun, kerja sama tersebut diputuskan selesai pada tahun lalu.

Senada dengan Rafli, Direktur Utama PTBA Arsal Ismail juga mengatakan hal serupa. “PTBA tetap berkomitmen mendukung hilirisasi yang dilakukan atau diprogramkan oleh pemerintah. Jadi untuk ini kami sedang melakukan penjajakan dengan beberapa perusahaan di Cina,” kata Arsal.

Menurutnya, penjajakan bersama perusahaan Cina dilakukan PTBA sebab menurutnya ada beberapa perusahaan asal negeri panda yang sudah memproduksi DME.

“Dari yang beberapa itu yang paling sering membahas bersama kami namanya itu Ease China Engineering. Itu yang paling serius yang kami jajaki untuk yang masalah DME, disamping kami akan berbicara mengenai keekonomiannya,” ujarnya.

Selain melakukan hilirisasi melalui DME, Arsal menyebut PTBA juga akan fokus untuk melakukan hilirisasi agar menghasilkan turunan lainnya. “Kami tidak hanya fokus ke DME, tapi juga fokus pada turunan lainnya seperti metanol, etanol, kami juga sedang melakukan kajian,” ucapnya.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...