Pertamina Sumbang 68% Produksi Minyak Mentah Nasional Pada 2023

Mela Syaharani
15 Maret 2024, 08:31
pertamina, produksi minyak, produksi migas, lifting minyak, lifting migas,
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/tom.
Petugas melakukan pengecekan water sprinkle di Stasiun Pengumpul ABG Pertamina EP Jatibarang Field di Indramayu, Jawa Barat, Selasa (27/2/2024).
Button AI Summarize

PT Pertamina (Persero) menjadi produsen minyak mentah dengan kontribusi terbesar di Indonesia. Hal ini mengacu pada capaian produksi Pertamina Hulu Energi hingga akhir 2023 yang mencapai 566.000 barel per hari (bph) atau 68% produksi nasional.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso mengatakan berdasarkan data SKK Migas, sebagian besar dari 10 perusahaan produsen minyak terbesar yang beroperasi di dalam negeri, merupakan anak usaha atau afiliasi Pertamina.

“Pertamina berkontribusi secara mayoritas untuk produksi minyak Indonesia. Ini menunjukkan komitmen kami dalam menjaga ketahanan energi nasional,” kata Fadjar dalam siaran pers yang dikutip pada Jumat (15/3).

Produksi migas terbesar berasal dari Pertamina EP, Pertamina ONWJ, Pertamina Hulu Mahakam, serta Pertamina Hulu Rokan yang mengambil alih operasional Blok Rokan pada Agustus 2021. Blok Rokan mampu menyumbang produksi minyak tertinggi di Indonesia yakni sebesar 161.623 bph.

“Di tangan anak usaha Pertamina produksi lapangan minyak di Blok Rokan terus meningkat, sehingga mampu berkontribusi signifikan dalam produksi minyak nasional,” ujarnya.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...