Bos Freeport McMoran Temui Menteri ESDM, Bahas Apa?

Mela Syaharani
27 Maret 2024, 12:59
freeport, menteri esdm, arifin tasrif
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
President dan CEO Freeport-McMoRan Inc Richard C. Adkerson bertemu dengan Menteri ESDM Arifin Tasrif di Jakarta, Selasa (26/3).
Button AI Summarize

Menteri ESDM Arifin Tasrif mengadakan pertemuan dengan CEO Freeport McMoran Inc Richard C. Adkerson pada Selasa (26/3).

EVP External Affairs PT Freeport Indonesia (PTFI) Agung Laksamana membenarkan hal tersebut. “Betul ada pertemuan dengan Menteri ESDM,” kata Agung saat dihubungi Katadata.co.id pada Rabu (27/3).

Agung menyebutkan, dalam pertemuan tersebut kedua pihak membahas dua hal. “Membahas update operasional tambang di hulu PTFI," ucapnya.

Tidak hanya itu, pada pertemuan yang terlaksana kemarin juga dibahas mengenai perkembangan pembangunan fasilitas pemurnian (smelter) tembaga milik PTFI. "Juga progres terkini Smelter PTFI di JIIPE, Gresik,” ujarnya.

Sebagai informasi, PTFI mencatat, konstruksi smelter tembaga baru di Gresik, Jawa Timur saat ini mencapai 91,7%. Smelter kedua Freeport ini dijadwalkan memulai produksi pada Agustus 2024.

Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Tony Wenas menjelaskan, progres pembangunan smelter di Gresik akan mencapai 100% pada Mei 2024. Smelter tersebut akan mulai produksi pada Agustus 2024, tetapi baru akan berjalan penuh pada Desember 2024.

"Kami harus memastikan semua sistem berjalan dengan layak setelah mesin produksi dinyalakan. Proses itu memerlukan waktu 6-10 minggu, jadi pada Agustus 2024 baru diproduksi katoda tembaga pertama," kata Tony dalam Indonesia Data and Economic Conference (IDE) Katadata 2024 di Jakarta, Selasa (5/3).

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...