Jokowi Incar 80% Pendapatan Freeport Masuk Kas Negara Tahun Ini

Muhamad Fajar Riyandanu
28 Maret 2024, 21:40
Jokowi Incar 80% Pendapatan Freeport Masuk Kas Negara Tahun Ini
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/tom.
Presiden Joko Widodo
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memproyeksikan penambahan saham pemerintah di PT Freeport Indonesia (PTFI) menjadi 61% akan ikut menaikkan pendapatan negara dari sektor pertambangan mineral nantinya.

Saat ini, saham PTFI yang dikuasai oleh Pemerintah Indonesia sebesar 51,2%. Kepemilikan saham pemerintah terdiri atas 26,24% saham milik PT Mineral Industri Indonesia atau MIND ID dan 25% dimiliki PT Indonesia Papua Metal dan Mineral. Dengan kepemilikan saham PTFI sebesar 51,2% saat ini, ujar Jokowi, pemerintah berhak memungut 70% pendapatan PTFI ke kas negara.

"Begitu saham kita naik 61% nantinya, 80% [pendapatan Freeport] akan masuk ke negara," kata Jokowi saat memberikan sambutan peresmian pembukaan kongres Hikmahbudhi XII di Mercure Convention Center, Jakarta Utara pada Kamis (28/3).

Seusai acara, Jokowi menargetkan instrumen hukum divestasi atau pelepasan tambahan 10% saham PTFI dari Freeport-McMoran kepada pemerintah rampung paling lambat Juni tahun ini. Dengan demikian, Indonesia bisa memiliki 61% saham Freeport setelah divestasi saham tambahan.

Jokowi mengatakan bahwa divestasi tambahan 10% kini masih dalam tahap negosiasi. Kendati demikian, dia meyakini perundingan tersebut akan segera tuntas untuk segara dilanjutkan dengan finalisasi aturan hukum.

"Masih dalam proses negosiasi dan juga persiapan regulasinya. Tapi saya yakin angka itu bisa kita dapatkan. Dan saya targetkan tidak sampai Juni. Secepatnya. Kalau bisa paling lambat Juni," kata Jokowi.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...