ExxonMobil Resmi Akuisisi Pioneer Natural Resources Rp 950 Triliun

Happy Fajrian
5 Mei 2024, 13:34
exxonmobil, exxon, akuisisi, amerika serikat, as, migas
Arief Kamaludin|KATADATA
ExxonMobil resmi mengakuisisi Pioneer Natural Resources senilai US$ 60 miliar atau lebih dari Rp 950 triliun.
Button AI Summarize

ExxonMobil telah menyelesaikan akuisisi Pioneer Natural Resources senilai US$ 60 miliar atau lebih dari Rp 950 triliun. Raksasa migas Amerika Serikat (AS) ini telah mendapatkan izin dari Federal Trade Commission (FTC) untuk kesepakatan tersebut.

Exxon pertama kali mengumumkan kesepakatan untuk mengakuisisi Pioneer pada Oktober 2023, dalam transaksi saham senilai US$ 59,3 miliar. Exxon mengatakan akuisisi ini akan meningkatkan produksi mereka di Permian Basin hingga dua kali lipat.

“Pioneer adalah pemimpin yang jelas di Permian dengan basis aset yang unik dan orang-orang dengan pengetahuan industri yang mendalam,” kata Chairman dan CEO Exxon Darren Woods melalui siaran pers saat itu.

Dia menambahkan bahwa gabungan kedua perusahaan akan memberikan penciptaan nilai jangka panjang yang jauh melebihi kemampuan masing-masing perusahaan jika berdiri sendiri.

Pioneer, yang saat ini memiliki nilai pasar (market value) US$ 50 miliar, merupakan produsen minyak terbesar ketiga setelah Chevron Corp. dan ConocoPhillips di cekungan Permian yang membentang di sebagian Texas hingga New Mexico.

Halaman:

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...