ExxonMobil bakal Akuisisi Pioneer Natural Resources Senilai Rp 930 T

Mela Syaharani
6 Oktober 2023, 13:43
exxonmobil, exxon, akusisi, lapangan migas
Katadata
Pekerja ExxonMobil.

ExxonMobil tengah merundingkan kesepakatan untuk mengakuisisi Pioneer Natural Resources Co. senilai US$ 60 miliar atau lebih dari Rp 930 triliun. Ini akan menjadi akuisisi terbesar kedua Exxon sejak merger dengan Mobil pada 1999 silam dengan kesepakatan yang bernilai US$ 81 miliar pada 1999 silam.

Wall Street Journal (WSJ) melaporkan, jika tidak ada halangan, kesepakatan ini akan selesai dalam beberapa hari ke depan. Akuisisi ini juga berpotensi menjadi aksi korporasi yang terbesar di dunia tahun ini, melampaui US$ 43 miliar yang digelontorkan Pfizer Inc. saat mengakuisisi perusahaan obat kanker, Seagen Inc pada Maret.

Pioneer, yang saat ini memiliki nilai pasar (market value) US$ 50 miliar, merupakan produsen minyak terbesar ketiga setelah Chevron Corp. dan ConocoPhillips di cekungan Permian yang membentang di sebagian Texas hingga New Mexico.

Cekungan ini merupakan cekungan yang menjadi pusat perhatian industri energi AS karena biaya ekstraksi minyak dan gas yang relatif rendah.

Exxon, yang memiliki nilai pasar sebesar US$ 436 miliar, adalah produsen minyak terbesar di AS dengan rata-rata produksi 3,8 juta barel setara minyak per hari (boepd) dari operasi globalnya.

Tahun lalu perusahaan ini memperoleh pendapatan sebesar US$ 55,7 miliar berkat tingginya harga minyak dan gas dan mengakhiri tahun dengan keuntungan bersih sebesar US$ 29,6 miliar.

Beberapa dari keuntungan tersebut telah berkurang tahun ini karena harga energi, yang melonjak setelah invasi Rusia ke Ukraina. Penurunan disebabkan kekhawatiran terhadap perlambatan ekonomi global yang membebani permintaan bahan bakar.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...