Jokowi Minta Bulog Operasi Pasar Besar-besaran Beras di Januari-Maret

Michael Reily
11 Januari 2019, 05:00
Beras Bulog
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Presiden Joko Widodo melakukan peninjauan gudang beras milik Perum Bulog di divre DI Jakarta-Banten, Kelapa Gading, Jakarta, (10/1). Peninjauan tersebut guna mengecek langsung ketersediaan pasokan beras di gudang tersebut.

Perum Bulog menyatakan bakal menggelar operasi pasar besar-besaran pada Januari hingga Maret 2019 sesuai permintaan Presiden Joko Widodo. Dalam operasi pasar tersebut, Bulog akan menggelontorkan sebanyak 15 ribu ton beras per hari.

Direktur Utama Bulog Budi Waseso menyatakan perusahaan siap mengantisipasi tren kenaikan harga beras pada kuartal pertama tahun ini. “Sesuai instruksi presiden, kami terus melaksanakan kegiatan ketersediaan pasokan dan stabilisasi harga beras medium,” kata Budi di Jakarta, Kamis (10/1).

(Baca: Bulog Masih Tunggu Izin Tambahan Impor Jagung 30 Ribu Ton)

Berdasarkan keputusan rapat terbatas (Ratas) di Kompleks Istana Negara pada 27 Desember 2018, pemerintah menugaskan Bulog untuk melakukan intervensi pasar secara masif melalui operasi pasar. Namun, Bulog baru bisa merealisasikan operasi pasar dengan penggelontoran beras sebanyak 7 ribu hingga 8 ribu ton per hari.

Menurut catatan Bulog, sejak awal 2019 operasi pasar yang digelar perseroan hingga saat ini baru mencapai 37.017 ton beras. Dari keseluruhan, Divisi Regional Bulog DKI Jakarta dan Banten telah merealisasikan operasi pasar sebesar 8.573 ton di 44 lokasi pasar.

Sedangkan realisasi penyaluran beras dalam operasi pasar 2018, Bulog tercatat telah menyalurkan 544.649 ton beras yang juga menjadi jumlah terbanyak selama 10 tahun terakhir. Khusus Jakarta dan Banten, realisasi operasi pasar 2018 mencapai 64.668 ton.

Budi pun meminta kerja sama kementerian/lembaga serta pelaku usaha untuk mencapai keberhasilan penugasan operasi pasar. “Kami sadar, keberhasilan menjaga ketersediaan pasokan dan stabilisasi harga beras medium di setiap daerah bisa tercipta,” ujarnya.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...