Pasokan Terbatas, Harga Minyak Goreng Curah Masih Rp 20 Ribu

Andi M. Arief
7 Februari 2022, 14:10
Pedagang menata minyak goreng curah yang dijual di Pasar Masomba, Palu, Sulawesi Tengah, Kamis (3/2/2022).
ANTARA FOTO/Basri Marzuki/YU
Pedagang menata minyak goreng curah yang dijual di Pasar Masomba, Palu, Sulawesi Tengah, Kamis (3/2/2022).

Kementerian Perdagangan (Kemendag) mentargetkan harga minyak goreng (migor) sawit pada hari ini, Senin (7/1), telah sesuai dengan aturan harga eceran tertinggi (HET) baru. Namun, minimnya pasokan minyak goreng di pasar membuat target gagal tercapai. 

Berdasarkan pantauan Katadata, harga minyak goreng curah di Pasar Bendungan hilir masih di rentang Rp 20 ribu sampai Rp 22 ribu. Hal itu disebabkan oleh minimnya ketersediaan migor di agen penjualan migor.

Advertisement

Secara rinci, aturan HET Migor menetapkan HET untuk tiga jenis minyak goreng yakni migor curah senilai Rp 11.500 per liter, migor kemasan sederhana senilai RP 13.500 per liter, dan migor kemasan premium senilai Rp 14.000 per liter.

Beleid HET baru ini meningkatkan HET curah sejumlah Rp 500 dan menetapkan HET untuk kemasan sederhana dan kemasan premium. 

 Tanti (65) mengatakan pihaknya baru mendapatkan harga minyak goreng curah baru di agen migor kemarin, Minggu (6/2) atau sekitar Rp 200 ribu per jeriken ukuran 16 kilogram (Kg).

Namun demikian, volume yang bisa didapatkan Tanti jauh berkurang dari biasanya. 

"Hari ini tidak ada barang (migor curah) dari sana (agen penjual migor Tanah Abang). Biasanya ambil 10 jeriken (dengan) harga Rp 300 ribu, tapi yang 3-4 jeriken ini sudah Rp 200 ribu. Lebih sedikit (pasokannya)," kata Tanti kepada Katadata, Senin (7/2). 

Senada, Ali Mustofa (21) kini tidak memiliki stok minyak goreng curah di tokonya. Menurutnya, minyak goreng curah yang kini dijajakan di tokonya hanya dapat bertahan hingga 2-3  hari ke depan. 

Ali berujar harga minyak goreng curah di agen penjual migor telah turun.

Namun, pihaknya masih menjual minyak goreng curah di level Rp 20 ribu karena tidak mendapatkan pasokan minyak goreng dengan harga yang lebih rendah selama 1 minggu terakhir. 

Di tengah masih tingginya harga minyak goreng curah, Ali mencatat sebagian pedagang sudah menjual minyak goreng premium dengan harga Rp 17 ribu untuk harga terendah, sedangkan harga tertingginya di level Rp 21 ribu.
Harga tersebut lebih rendah dibandingkan sebelumnya yang di atas Rp 22.000/liter.

Akan tetapi, tidak semua toko di Pasar Benhil menjajakan minyak goreng kemasan. 

Diro (32) mengatakan pasokan minyak goreng ke tokonya telah terhenti selama beberapa minggu terkahir. Alhasil, Diro hanya menjual migor curah yang kini di jual senilai Rp 22 ribu per hari. 

"Barang baru ada (di agen penjual minyak goreng) tapi kami belum dapat. (Harga minyak goreng curah) ini harga 1 bulan yang lalu," kata Diro kepada Katadata

Berdasarkan infopangan.jakarta.go.id, harga minyak goreng curah pada hari ini masih di kisaran Rp 18.616/kg.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement