Mau Bangun Pabrik Baterai di RI, Britishvolt Ternyata Terancam Kolaps

Happy Fajrian
11 Januari 2023, 19:38
britishvolt, baterai kendaraan listrik, pabrik baterai
Britishvolt.com
Britishvolt terancam kolaps dan bangkrut di Inggris setelah gagal mendapatkan investor untuk proyek gigafactory-nya.

Britishvolt berencana membangun pabrik baterai kendaraan listrik di Indonesia bekerja sama dengan anak usaha PT Bakrie & Brothers, yakni PT Vektr Mobiliti Indonesia. Meski demikian, startup asal Inggris tersebut ternyata terancam bangkrut di negara asalnya.

Britishvolt terancam kolaps setelah gagal mendapatkan investor untuk membangun gigafactory baterai kendaraan listrik impiannya yang membutuhkan investasi jumbo senilai £ 3,8 miliar atau sekitar Rp 70 kuadriliun (asumsi kurs Rp 18.460/pound).

The Guardian melaporkan pada Oktober 2022 bahwa startup yang baru berusia tiga tahun tersebut mulai kehabisan uang tunai untuk membiayai proyek gigafactory-nya. Britishvolt dilaporkan hanya memiliki dana tunai untuk operasional selama satu bulan ke depan.

Untuk menghindari kebangkrutan, Britishvolt mengajukan pendanaan jangka pendek £ 30 juta (Rp 553,8 miliar) kepada pemerintah Inggris, namun permintaan itu ditolak. Pemerintah Inggris sebenarnya menjanjikan pendanaan £ 100 juta (Rp 1,8 triliun) namun hanya jika konstruksi pabrik telah mencapai tahap tertentu, dan itu belum tercapai.

Pelaku industri dan pengamat otomotif mempertanyakan strategi Britishvolt yang membangun pabrik sebelum mengamankan pesanan dari produsen mobil listrik, alih-alih mengikuti pola industri yang sudah mapan yakni menemukan pelanggan terlebih dahulu baru kemudian membangun pabrik.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...