Britishvolt Siap Bangun Pabrik Baterai Kendaraan Listrik di Indonesia

Muhamad Fajar Riyandanu
11 Januari 2023, 18:34
kendaraan listrik, britishvolt, baterai kendaraan listrik,
Dok. PT PLN
Mobil listrik mengisi daya di SPKLU PLN.

Produsen baterai kendaraan listrik asal Inggris, Britishvolt, dikabarkan telah sepakat untuk berinvestasi pada ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Masuknya Britishvolt diharap bisa mempercepat pengembangan baterai kendaraan listrik berbasis lithium.

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengatakan progres investasi Britishvolt ke dalam ekosistem kendaraan listrik tanah air sudah masuk dalam tahap finalisasi. Perusahaan juga disebut telah diberi jatah kavling sebagai lokasi pengembangan pabrik.

Kendati demikian, Bahlil belum menyebutkan besaran nilai investasi yang dikeluarkan oleh Britishvolt. "Britishvolt sudah masuk. Sekarang sedang tahap finalisasi, lokasinya juga sudah hampir beres," ujarnya dalam Keterangan Pers Menteri terkait Rapat Terbatas yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (11/1).

Masuknya Britishvolt ke dalam ekosistem produksi baterai kendaraan listrik domestik menegaskan sektor tersebut tidak dikuasai oleh negara tertentu. Bahlil menjabarkan, sebelum Britishvolt juga ada investasi yang masuk dari perusahaan asal Korea, LG, dengan nilai investasi US$ 8,9 miliar.

Selanjutnya ada perusahaan asal Cina, Contemporary Amperex Technology Co Limited atau CATL dengan investasi US$ 5,2 miliar. Ada juga beberapa perusahaan otomotif Eropa yang telah sepakat untuk berinvestasi di sektor produksi kendaraan listrik. Seperti dua perusahaan asal Jerman, Volkswagen dan BASF.

Mantan Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) ini juga menyinggung soal keterlibatan Foxconn dari Taiwan dan peluang investor baru dari Jepang dan Amerika.

"Jadi investasi untuk baterai kendaraan listrik ini tidak dilakukan oleh satu negara tertentu, dan beberapa investasi sudah tahap 80% dengan Jepang dan Amerika. Nama perusahaannya belum saya sebut karena belum diteken," ujar Bahlil.

Sebelumnya diberitakan Britishvolt menggandeng Grup Bakrie melalui anak usaha PT Bakrie & Brothers Tbk, PT Vektr Mobiliti Indonesia (VKTR) yang merupakan spin-off dari PT Bakrie Autoparts, untuk membangun pabrik baterai kendaraan listrik.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...