Antisipasi Arus Mudik, Pelita Air Tambah Pesawat Airbus A320

Shabrina Paramacitra
Oleh Shabrina Paramacitra - Tim Publikasi Katadata
29 Maret 2023, 08:24
Pesawat Airbus A320 yang didatangkan Pelita Air merupakan armada kelima yang dioperasikan perseroan.
Pelita Air
Jajaran manajemen Pelita Air berfoto bersama pewasat Airbus A320 kelima, usai seremoni kedatangan pesawat tersebut pada Selasa (28/3/2023).

PT Pelita Air Service (Pelita Air) kembali menambah armada pesawat Airbus A320. Dengan armada baru tersebut, saat ini Pelita Air telah memiliki lima pesawat Airbus A320, dari rencana total pengadaan 18 pesawat Airbus A320 tahun ini.

Sebelumnya, armada pertama dan kedua perusahaan maskapai pelat merah itu dihadirkan pada April 2022, disusul armada ketiga dan keempat pada bulan Agustus di tahun yang sama. Lima armada pesawat Airbus A320 ini akan memperkuat bisnis penerbangan komersial berjadwal (scheduled flight) yang merupakan lini bisnis utama perseroan.

“Kedatangan pesawat kelima ini merupakan wujud nyata dari komitmen Pelita Air untuk memperkuat layanan rute domestik demi mendukung konektivitas udara di Indonesia. Dan juga, bertepatan dengan persiapan antisipasi peningkatan permintaan menjelang Lebaran,” kata Direktur Utama Pelita Air Dendy Kurniawan dalam keterangan tertulis, dikutip Rabu (29/3).

Kementerian Perhubungan memprediksi jumlah pemudik tahun ini mencapai 123,8 juta orang. Angka tersebut meningkat 14,2 persen dibanding jumlah pemudik pada Lebaran 2022 yang berjumlah 85,5 juta orang. Lonjakan arus mudik ini disebabkan perubahan regulasi penanganan Covid-19 dan faktor perekonomian masyarakat yang kembali pulih.

Sejak awal kemunculannya pada 2022, Pelita Air melayani penerbangan medium service dengan titik keberangkatan dari Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Kota Tangerang, Banten.

Selanjutnya, armada pesawat keenam hingga kesepuluh dijadwalkan datang ke Indonesia pada Juli mendatang. Kemudian, delapan pesawat sisanya akan datang pada semester kedua tahun ini.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...