Tarif Tol Trans Sumatera Diskon 20% di Tiga Gerbang Saat Mudik Lebaran

Nadya Zahira
11 April 2023, 20:36
Sejumlah kendaraan pemudik antre melintasi Gerbang Tol Bakauheni Selatan, Lampung Selatan, Lampung, Minggu (1/5/2022).
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/wsj.
Sejumlah kendaraan pemudik antre melintasi Gerbang Tol Bakauheni Selatan, Lampung Selatan, Lampung, Minggu (1/5/2022).

PT Hutama Karya (Persero) akan memberikan diskon sebesar 20% untuk tarif terjauh di ruas Tol Trans Sumatera Bakauheni - Terbanggi Besar dan Terbanggi Besar - Kayu Agung. Diskon tarif tol 20% ini hanya berlaku di tiga gerbang tol atau GT.

EVP Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol Hutama Karya, Dwi Aryono Bayuaji, mengatakan tiga gerbang tol yang diberikan diskon sebesar 20% tersebut yaitu GT Bakauheni Selatan, GT Kayu Agung, dan GT Kayu Agung Utama.

"Diskon tarif tol tersebut diberlakukan untuk pengguna tol yang mudik pada 16 - 18 April dan yang akan balik pada 26 - 28 April 2023," ujarnya usai Konferensi Pers Kesiapan Infrastruktur Mendukung Mudik Lebaran 2023, di Jakarta, Selasa (11/4).

Puncak Arus Mudik dan Balik

Dwi mengatakan, pemberlakuan diskon tarif Tol Trans Sumatera 20% tidak diberikan pada puncak mudik lebaran maupun puncak balik. Hal itu bertujuan agar arus lalu lintas tidak terpusat pada tanggal tertentu atau puncak arus balik dan mudik.

Dwi mengatakan, pihaknya memprediksi puncak arus mudik di Tol Tol Bakauheni - Terbanggi Besar dan Terbanggi Besar - Kayu Agung akan jatuh pada H-3 atau pada Rabu, 19 April 2023. Diperkirakan sebanyak 130 ribu kendaraan melintasi kedua tol tersebut.

Ia menuturkan, prediksi tersebut naik 150% dibandingkan dengan lalu lintas normal yang mencapai 54 ribu kendaraan, atau naik 2% dibandingkan puncak arus mudik Lebaran 2022 yang mencapai 128 ribu kendaraan.

Sementara puncak arus balik Tol Trans Sumatera diprediksi terjadi pada H+2 atau pada Selasa, 25 April 2023. Diperkirakan 178 ribu kendaraan melintas di Tol Trans Sumatera, atau naik 237% dibandingkan normal yang jumlahnya hanya sebesar 53 ribu kendaraan.

Puncak arus balik tahun ini juga diperkirakan naik 5% dari tahun sebelumnya sebanyak 170 ribu kendaraan.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...