Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi–Parapat Beroperasi Gratis Saat Mudik

Tia Dwitiani Komalasari
13 April 2023, 04:00
Kendaraan melintas di ruas tol Medan-Tebing Tinggi yang lenggang di Medan, Sumatera Utara, Minggu (10/5/2020).
ANTARA FOTO/Septianda Perdana/foc.
Kendaraan melintas di ruas tol Medan-Tebing Tinggi yang lenggang di Medan, Sumatera Utara, Minggu (10/5/2020).

Ada juga 11 perizinan di Kementerian Komunikasi dan Informatika. Kemudian masing-masing 4 perizinan di Kementerian Pertahanan dan Kementerian Hukum dan HAM

   Ruas tol Kuala Tanjung – Tebing Tinggi – Parapat akan dibuka fungsional tanpa tarif atau gratis. Terdapat dua ruas gate to gate yang nantinya dibuka dan dapat dilalui oleh kendaraan, yaitu Gate Tebing Tinggi – Gate Inderapura sepanjang 28,5 km dan Gate Dolok Merawan – Gate Sinaksak sepanjang 15,6 km.

Direktur Utama PT Hutama Marga Waskita, Dindin Solakhuddin, selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) Kuala Tanjung – Tebing Tinggi – Parapat mengatakan pembukaan ruas tol ini dapat menambah layanan jalan tol. Sebelumnya, kendaraan yang melintas dari Medan ke Kisaran atau Kuala Tanjung harus berakhir di gerbang tol Tebing Tinggi.

"Nantinya dengan fungsionalnya jalan tol kami, maka kendaraan dapat melanjutkan perjalanannya hingga berakhir di Inderapura," ujarnya melalui keteranga tertulis, Rabu (12/4).

Sementara dibukanya gerbang Dolok Merawan hingga gate Sinaksak diharapkan menjadi jalur alternatif bagi kendaraan yang melintas di jalan nasional dari arah kota Medan yang akan menuju Pematang Siantar.

Halaman:

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...