Jalan Tol Japek II Selatan Gratis Selama Masa Mudik Lebaran

Nadya Zahira
13 April 2023, 08:20
jalan tol, jakarta cikampek ii selatan, mudik lebaran,
ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar/foc.
Foto udara proyek pembangunan Jalan Tol Jakarta - Cikampek II Selatan Seksi 3 di Purwakarta, Jawa Barat, Minggu (24/4/2022).

PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui anak usahanya PT Jasamarga Japek Selatan atau JJS siap mengoperasikan jalur fungsional Jalan Tol Jakarta-Cikampek atau Japek II Selatan Segmen Sadang-Kutanegara-Taman Mekar sepanjang 28,5 km pada periode Hari Raya Idul Fitri 2023.

Jalur tersebut difungsionalkan artinya tidak dipungut tarif atau gratis. Hal itu dilakukan untuk mendukung kelancaran arus balik dari arah Bandung menuju Jakarta, yang pengoperasiannya dilakukan secara situasional berdasarkan diskresi Kepolisian.

Direktur Utama PT JJS Charles Lendra mengatakan, jika jalur fungsional Jalan Tol Japek II Selatan dibuka atas diskresi Kepolisian, jalur ini hanya bisa dilewati oleh kendaraan golongan I non bus dan non truk dengan aturan kecepatan maksimum kendaraan adalah 40 km/jam.

Charles menuturkan, pada Lebaran tahun ini akan terdapat dua opsi rute yang dapat dipilih pengguna jalan. Rute pertama yaitu SS Sadang hingga SS Kutanegara sepanjang 8,5 Km, masih sama seperti yang telah dioperasikan secara fungsional di Lebaran dan Natal Tahun Baru Tahun 2022.

“Dengan jarak 8,5 Km, pengguna jalan dapat menempuh jalur fungsional selama 10 menit dan keluar melalui Gerbang Tol atau GT Kutanegara,“ ujar Charles.

Dia mengatakan, setelah itu pemudik bisa melanjutkan perjalanan untuk masuk kembali ke Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta melalui Jl. Industri sepanjang 27 km via GT Karawang Barat 2, dalam artian tidak dapat mengakses Jalan Layang MBZ.

Sementara untuk rute kedua, Ia mengatakan bahwa PT JJS siap mengoperasikan fungsional SS Sadang-Kutanegara- Taman Mekar sepanjang 28,5 km.

Dengan jarak 28,5 km, pengguna jalan dapat menempuh jalur fungsional selama 40 menit dan keluar di akses Taman Mekar serta melanjutkan perjalanan melalui Jl. Pangkalan sejauh 16 km untuk dapat masuk kembali ke Jalan Tol Jakarta-Cikampek menuju arah Jakarta melalui GT Karawang Barat 2.

“Di rute yang kedua ini, Jasa Marga menyiapkan tambahan sarana keselamatan jalan yaitu berupa perambuan, guardrail dan Moveable Concrete Barrier atau penghalang beton, dan delineator pengarah jalan sepanjang jalan tol fungsional,“ ujarnya.

Dia mengatakan, hal itu dilakukan mengingat kondisi jalan tol di rute kedua relatif berbeda dengan rute pertama yang telah lebih lengkap karena sudah beberapa kali disiapkan untuk fungsional. Maka dari itu, Charles menghimbau kepada pengguna jalan untuk dapat mengantisipasi dan lebih berhati-hati.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...