Seluruh Penginapan di Labuan Bajo Terisi Penuh Saat KTT ASEAN 2023

Nadya Zahira
9 Mei 2023, 09:09
Sejumlah kapal pinisi terlihat di perairan sekitar lokasi puncak acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN di Hotel Meurorah Komodo, Labuan Bajo, NTT, Senin (8/5/2023). Indonesia akan menjadi tuan rumah KTT ASEAN ke-42 yang berlangsung tanggal 9-1
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/rwa.
Sejumlah kapal pinisi terlihat di perairan sekitar lokasi puncak acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN di Hotel Meurorah Komodo, Labuan Bajo, NTT, Senin (8/5/2023). Indonesia akan menjadi tuan rumah KTT ASEAN ke-42 yang berlangsung tanggal 9-11 Mei 2023.

Okupansi hotel dan homestay di Labuan Bajo terisi 100% karena adanya Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT ASEAN 2023. Kawasan Labuan Bajo memiliki 1.500 kamar dari 38 hotel dan 1.800 kamar homestay.

"KTT ASEAN sendiri ini dampaknya luar biasa tingkat Hunian hotel nya sudah 100% semua," ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam acara Weekly Briefing, di Kantornya, Senin (8/5)

Dia mengatakan, kamar kos dan rumah masyarakat yang disewakan juga sudah terisi penuh. Menurutnya, dengan adanya gelaran acara besar tersebut dapat berdampak besar bagi pendapatan masyarakat lokal di Labuan Bajo.

Tingkatkan Kunjungan Wisatawan

Sandiaga mengatakan, penyelenggaraan KTT ASEAN 2023 ini berhasil meningkatkan kunjungan wisatawan baik dari mancanegara maupun nusantara ke Labuan Bajo. Jumlah wisatawan yang terakomodasi dari bandara Komodo Internasional sebanyak 1,1 juta wisatawan per tahun.

"Ini harus kita jaga betul-betul, karena daya dukung dari taman nasional Komodo ini hanya sebesar 200 ribu," ujarnya.

Sandiaga berharap, selama masa berlangsungnya acara besar internasional tersebut mampu meningkatkan wisatawan hingga mencapai 10-20%. Namun demikian, peningkatan ini juga diharapkan akan terus terjadi hingga akhir tahun, bukan hanya selama KTT berlangsung.

"Sehingga dengan begitu, kami berharap mampu mencapai target wisatawan mancanegara (wisman) maupun wisatawan nusantara (wisnus) dengan total 1,1 juta per tahun," tuturnya. 

Buka Penerbangan Internasional

Sandiaga menuturkan, Kemenparekraf berupaya agar penerbangan internasional ke Labuan Bajo bisa dibuka. Untuk tahap awal, pemerintah membidik penerbangan langsung Australia-Labuan Bajo dan Singapura-Labuan Bajo.

Dia menyampaikan, Kemenparekraf juga akan berupaya agar kursi penerbangan ke Labuan Bajo bisa bertembah. Hal tersebut dilakukan, mengingat minat kunjungan wisman ke Labuan Bajo terus meningkat.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira

Untuk kelima kalinya, Indonesia didapuk menjadi Keketuaan ASEAN. Situasi dunia tahun ini yang belum kondusif tentu menjadi tantangan tersendiri dalam mengemban amanah tersebut. Persaingan kekuatan besar dunia yang meruncing mesti dikelola dengan baik agar konflik terbuka dan perang baru tidak muncul, terutama di Asia Tenggara.

Keketuaan Indonesia juga diharapkan menjadi pintu bagi ASEAN untuk berperan aktif dalam perdamaian dan kemakmuran di kawasan melalui masyarakat ekonomi ASEAN. Untuk itu, Indonesia hendak memperkuat pemulihan ekonomi dan menjadikan Asia Tenggara sebagai mesin pertumbuhan dunia yang berkelanjutan.

Simak selengkapnya di https://katadata.co.id/asean-summit-2023 untuk mengetahui setiap perkembangan dan berbagai infomasi lebih lengkap mengenai KTT Asean 2023.

#KatadataAseanSummit2023 #KalauBicaraPakaiData

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...