Impor Beras Bulog 415 Ribu Ton Sudah Masuk ke Indonesia

Nadya Zahira
13 Juni 2023, 13:21
Buruh pelabuhan menurunkan sejumlah karung beras impor dari Vietnam dari atas kapal di Pelabuhan Multiguna, Tenau Kupang,NTT, Sabtu (20/5/2023).
ANTARA FOTO/Kornelis Kaha/aww.
Buruh pelabuhan menurunkan sejumlah karung beras impor dari Vietnam dari atas kapal di Pelabuhan Multiguna, Tenau Kupang,NTT, Sabtu (20/5/2023).

Impor beras Bulog sebesar 415 ribu ton saat ini sudah masuk ke Indonesia. Jumlah tersebut merupakan bagian dari impor beras tahap pertama sebesar 500 ribu ton yang ditugaskan Badan Pangan Nasional ke Bulog.

Sekretaris Perum Bulog, Awaludin Iqbal, mengatakan impor itu berasal dari Thailand, Vietnam, Pakistan dan India. Beras impor tersebut akan digunakan untuk memenuhi Cadangan Beras Pemerintah atau CBP hingga akhir tahun.

"Untuk sisanya 85 ribu ton sudah masuk dalam penugasan beras impor, jadi stok beras saat ini sangat cukup," ujar Iqbal kepada Katadata.co.id, Selasa (13/6).

Iqbal mengatakan, stok CBP yang dikelola Bulog saat ini kurang lebih sebesar 615 ribu ton. Menurut dia, stok beras tersebut setiap harinya diperkirakan akan bertambah karena Bulog masih menyerap beras petani dari dalam negeri.

Iqbal mengatakan, kebijakan pemerintah untuk impor beras akan semakin memperkuat stok CBP. Oleh sebab itu, dia berharap hal ini dapat memberikan dampak untuk menjaga stabilisasi harga beras.

"Tentu stok CBP yang terpenuhi akan memudahkan Bulog untuk memenuhi permintaan pasar," kata Iqbal.

Impor Beras 2 Juta Ton

Sebelumnya, Presiden Joko widodo atau Jokowi menetapkan rencana impor beras sebanyak 2 juta ton pada 2023. Rencana impor tersebut akan dilakukan bertahap sesuai kebutuhan.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...