Cina Optimistis Kereta Cepat Jakarta Bandung Beroperasi Agustus 2023

Tia Dwitiani Komalasari
16 Juni 2023, 17:41
Pekerja memotong baja rel baja kereta api cepat dalam proyek pembangunan Stasiun Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) Tegalluar di Bandung, Jawa Barat, Rabu (17/5/2023). PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mencatat hingga saat ini realisasi pengerjaan s
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/aww.
Pekerja memotong baja rel baja kereta api cepat dalam proyek pembangunan Stasiun Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) Tegalluar di Bandung, Jawa Barat, Rabu (17/5/2023). PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mencatat hingga saat ini realisasi pengerjaan stasiun tersebut berkisar 92,62 persen.

Pemerintah Cina optimistis peluncuran Kereta Cepat Jakarta-Bandung secara komersial akan sesuai jadwal  yang ditetapkan pada Agustus mendatang.

"Kereta api cepat di Indonesia akan segera beroperasi," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin di Beijing, seperti dikutip dari Antara, Jumat (16/6).

Hal senada juga dikatakan Direktur Asia Timur Kementerian Luar Negeri RI, Santo Darmosumarto. Dia mengatakan pemerintah terus berupaya memenuhi waktu yang ditetapkan terkait peluncuran Kereta Cepat Jakarta Bandung atau KCJB pada Agustus.

"Kami tahu selalu perbedaan pandangan antara orang-orang di level teknik dan orang-orang di level politik. Kami perlu menyeimbangkan atas apa yang lebih penting," katanya.

Negosiasi Bunga Pinjaman KCJB

Indonesia sedang negosiasi dengan Cina terkait tambahan pinjaman senilai 560 juta dolar AS dengan suku bunga 2,8 persen. Bunga tersebut lebih rendah dari tawaran Bank Pembangunan China sebesar 3,46 persen.

"Untuk proyek ini ada banyak kondisi yang tidak terduga. Ada hal-hal tertentu yang tidak terlihat pada saat itu yang sekarang mengharuskan kami untuk lebih memperhatikan. Oleh sebab itu perlu berbagai upaya untuk memastikan proyek ini lancar," ujar Santo.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...