5 Fakta Kereta Cepat Jakarta Bandung yang Akan Beroperasi Agustus

Tia Dwitiani Komalasari
20 Juni 2023, 07:24
Pekerja melintas di area proyek pembangunan Depo Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) di Depo Tegalluar,Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (17/5). Area stabling dan alur keluar masuk dengan fasilitas 14 jalur tersebut telah mencapai progres pembangunan pa
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Pekerja melintas di area proyek pembangunan Depo Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) di Depo Tegalluar,Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (17/5). Area stabling dan alur keluar masuk dengan fasilitas 14 jalur tersebut telah mencapai progres pembangunan pada tahap 83,70 persen.

Kereta Cepat Jakarta-Bandung ditargetkan akan beroperasi Agustus 2023. Infrastruktur ini masuk dalam Proyek Strategis Nasional atau PSN yang dibangun melalui kerja sama Indonesia dan Cina. 

Manager Corporate Communication PT Kereta Cepat Indonesia China atau KCIC, Emir Monti, menyampaikan infrastruktur ini merupakan Kereta Api Cepat pertama di kawasan Asia Tenggara. 

Saat ini Kereta Api Cepat Jakarta Bandung telah memasuki tahapan Testing and Commissioning. Selanjutnya, Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan memasuki tahap trial run.

Berikut lima fakta Kereta Cepat Jakarta-Bandung:

1. Molor lima tahun

Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung atau KCJB sudah dimulai sejak 21 Januari 2016. Sebelumnya, rencana proyek KCJB ini telah disampaikan oleh pemerintah pada Juli 2015.

Awalnya, Pengerjaan proyek ini ditargetkan rampung pada 2018. Namun, target tersebut tidak tercapai dan terus mengalami penundaan hingga direncanakan akan soft launching Agustus 2023.

2. Kecepatan operasional 350/km

PT Kereta Cepat Indonesia China atau KCIC telah melakukan testing and commissioning KCJB. Tes tersebut dilakukan secara bertahap hingga mencapai kecepatan operasional 350 km/jam. 

Kecepatan teknis KCJB bahkan bisa mencapai 385 km/jam. Dengan kecepatan tersebut,  waktu tempuh kereta cepat antara Stasiun Halim, Jakarta Timur hingga Stasiun Tegalluar, Kabupaten Bandung hanya sekitar 50 menit.

3. Lewati Empat Stasiun

Kereta Cepat Jakarta-Bandung memiliki  total panjang lintasan 142,3 kilometer dan akan melewati empat stasiun pemberhentian, yaitu Stasiun Halim, Karawang, Padalarang, dan Tegalluar. 

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...