Kereta Cepat Jakarta Bandung Gratis Hingga Oktober 2023

Tia Dwitiani Komalasari
6 Juli 2023, 06:51
Pekerja menyelesaikan kelistrikan proyek pembangunan Depo Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) di Depo Tegalluar,Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (17/5). Area stabling dan alur keluar masuk dengan fasilitas 14 jalur tersebut telah mencapai progres pemba
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Pekerja menyelesaikan kelistrikan proyek pembangunan Depo Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) di Depo Tegalluar,Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (17/5). Area stabling dan alur keluar masuk dengan fasilitas 14 jalur tersebut telah mencapai progres pembangunan pada tahap 83,70 persen.

Kereta Cepat Jakarta-Bandung atau KCJB dijadwalkan mulai beroperasi 18 Agustus 2023. Namun demikian, KCJB baru akan beroperasi secara komersial pada 1 Oktober 2023.

Dengan demikian, Kereta Cepat Jakarta Bandung tidak dipungut biaya hingga beroperasi secara komersial, namun dengan jumlah penumpang yang terbatas.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan  Mohamad Risal Wasal mengatakan dirinya belum bisa membocorkan kepastian harga tiket KCJB setelah beroperasi komersial.

"Kita tunggu dari operator karena ini bisnis ya," ujarnya saat Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi V DPR RI, Rabu (5/7/2023).

Dia mengatakan, KCJB akan diintegrasikan dengan kereta feeder di Stasiun Padalarang. Menurut dia, kereta feeder tidak diintegrasikan dengan stasiun akhir kereta cepat yang berada di Tegalluar karena jarak yang cukup jauh.

"Dengan kereta feeder maka dari Stasiun Padalarang ke Bandung membutuhkan waktu 15 menit, sehingga total perjalanan Jakarta-Bandung membutuhkan waktu 39 menit dengan kereta cepat," katanya.

Dia mengatakan, Kemenhub juga telah memprogramkan pembangunan kereta cepat hingga Surabaya dengan melewati Yogyakarta.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...