Tol Indralaya-Prabumulih Segera Beroperasi, Ini Daerah yang Dilalui

Nadya Zahira
17 Juli 2023, 11:41
Sejumlah kendaraan antre melintasi gerbang tol Prabumulih jalan tol Trans Sumatera (JTTS) ruas simpang Indralaya-Muara Enim seksi simpang Indralaya-Prabumulih di Prabumulih, Sumatera Selatan, Selasa (18/4/2023). Berdasarkan data dari PT Hutama Karya (Pers
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/hp.
Sejumlah kendaraan antre melintasi gerbang tol Prabumulih jalan tol Trans Sumatera (JTTS) ruas simpang Indralaya-Muara Enim seksi simpang Indralaya-Prabumulih di Prabumulih, Sumatera Selatan, Selasa (18/4/2023). Berdasarkan data dari PT Hutama Karya (Persero) Volume Lalu Lintas (VLL) kendaraan yang melintasi gerbang tol Prabumulih jalan tol Trans Sumatera (JTTS) ruas simpang Indralaya-Muara Enim seksi simpang Indralaya-Prabumulih yang dibuka fungsional sejak tanggal 15 April 2023 mencapai 12.022 kendaraan.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR tengah mempercepat penyelesaian pembangunan Jalan Tol Indralaya-Prabumulih sepanjang 64,4 kilometer. Infrastruktur ini merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera di Sumatera Selatan. 

Adapun progres konstruksinya, saat ini sudah mencapai 98,86% dan akan segera beroperasi pada 2023. Jalan tol tersebut nantinya akan melewati Kota Palembang, Kabupaten Ogan Ilir, Kabupaten Muara Enim, dan Kota Prabumulih. 

“Uji Laik Fungsi juga sudah dilakukan pada Juni lalu untuk memastikan aspek keselamatan, manajemen lalu lintas, sarana jalan, dan bangunan pelengkap,” tulis keterangan di akun instragram @Kemenpupr, Senin(17/7). 

Pembangunan ruas tol ini sudah dilakukan sejak pertengahan 2019. Pembangunan jalan tol ini diperkirakan akan mempersingkat waktu tempuh Kota Palembang-Prabumulih menjadi satu  jam, atau turun hingga 50% dari sebelumnya. 

Jalan Tol Trans Sumatera ruas simpang Indralaya-Prabumulih-Muara Enim memiliki panjang jalan utama 64,500 km, panjang akses 9,872 km, jumlah lajur 2×2 lajur, dan dua simpang susun.

Tol  Indralaya-Muara Enim ini memiliki struktur delapan overpass, 18 buah jembatan, 10 box underpass, dua simpang susun, satu rest area, dan 86 box culvert. Dengan konstruksi tersebut, ia optimistis tol ini bakal lebih nyaman dan aman untuk dilalui.

Jalan Tol Trans Sumatera bertambah 11,8 kilometer (km) usai ruas Binjai-Langsa Seksi 1 Bijai Stabat mulai beroperasi pada Februari 2022. Dengan penambahan tersebut, panjang Jalan Tol Trans Sumatera mencapai 684,5 km.

Pemerintah Joko Widodo mengebut pembangunan infrastruktur hingga 2024. Berikut daftar jalan tol yang segera dirampungkan tahun ini.

Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...