India Akan Setop Ekspor Beras ke Indonesia, Bagaimana Nasib Stok RI?

Nadya Zahira
17 Juli 2023, 12:15
Pekerja membongkar beras impor asal Thailand dari kapal kargo berbendera Vietnam di Pelabuhan Malahayati, Krueng Raya, Kabupaten Aceh Besar, Aceh, Kamis (22/6/2023). Perum Bulog provinsi Aceh mendapatkan pasokan beras impor sejak Januari hingga 23 Juni 2
ANTARA FOTO/Ampelsa/foc.
Pekerja membongkar beras impor asal Thailand dari kapal kargo berbendera Vietnam di Pelabuhan Malahayati, Krueng Raya, Kabupaten Aceh Besar, Aceh, Kamis (22/6/2023). Perum Bulog provinsi Aceh mendapatkan pasokan beras impor sejak Januari hingga 23 Juni 2023 dengan total sebanyak 36.841 ton yang dilakukan dalam tiga tahap sebagai cadangan beras pemerintah untuk menjamin ketersediaan dan stabilitas harga.

India berencana akan melarang ekspor beras ke berbagai negara termasuk Indonesia. Hal itu dilakukan untuk menghindari risiko inflasi di dalam negeri. 

Di sisi lain, India merupakan salah satu negara importir beras dari Indonesia.  Kementerian Perdagangan dan Bulog bahkan sudah meneken kontrak impor beras dengan India. 

Menanggapi hal itu, Sekretaris Perusahaan Perum Bulog, Awaludin Iqbal, mengatakan Bulog sudah menandatangani kontrak impor beras sebesar 300.000 ton dengan India. Dari jumlah tersebut, India baru merealisasikan ekspor beras ke Indonesia 5.000 ton. 

 “Sebanyak 300 ribu ton untuk tahap impor selanjutnya yang sedang kontrak, India memang belum masuk lagi,” ujar Iqbal saat dihubungi Katadata.co.id, Senin (17/7). 

Namun demikian, Iqbal optimistis Bulog masih bisa memenuhi kebutuhan untuk cadangan beras pemerintah. Seperti diketahui, Bulog ditugaskan untuk impor beras hingga 2 juta ton tahun ini.

Menurut Iqbal,  impor beras Indonesia dari India relatif kecil dibandingkan Thailand, Vietnam, dan Pakistan.  Oleh sebab itu, dirinya optimistis kebutuhan beras untuk Indonesia masih aman.

“Masih ada Thailand, Vietnam, dan Pakistan yang Insya Allah masih cukup untuk menyuplai beras dari negaranya untuk Indonesia,” kata dia

Dia mengatakan, Bulog sudah merealisasikan izin impor beras sebesar 500 ribu ton hingga Juni 2023. Saat ini,  dia mengatakan, Bulog sedang membongkar beras impor yang baru masuk ke Indonesia yaitu sebanyak 300 ribu ton yang berasal dari Thailand, Vietnam, dan Pakistan. 

Berdasarkan Cadangan Pangan Pemerintah Badan Pangan Nasional atau Bapanas per 12 Juli 2023, stok beras di BUMN Pangan, Perum Bulog dan ID Food, sebanyak 662.257 ton.

Harga Beras Impor Melonjak

Meskipun masih bisa memasok ke Indonesia, harga beras Thailand dan Vietnam melonjak pada semester I 2023. Berdasarkan data Bank Dunia, sepanjang paruh pertama tahun ini rata-rata harga beras Thailand cenderung naik, hingga mencapai USD 514 per ton pada Juni 2023.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...