Tol Kartosuro-Purwomartani Rampung 2024, Hubungkan Solo-Yogyakarta

Tia Dwitiani Komalasari
22 Juli 2023, 18:21
Pekerja menyemprotkan air pada jalan tol fungsional Solo-Yogyakarta di Banyudono, Boyolali, Jawa Tengah, Kamis (13/4/2023). Penyemprotan air itu dilakukan untuk membersihkan debu sisa-sisa pembangunan jalur tol Solo-Yogyakarta sebagai kesiapan sebagai jal
ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/tom.
Pekerja menyemprotkan air pada jalan tol fungsional Solo-Yogyakarta di Banyudono, Boyolali, Jawa Tengah, Kamis (13/4/2023). Penyemprotan air itu dilakukan untuk membersihkan debu sisa-sisa pembangunan jalur tol Solo-Yogyakarta sebagai kesiapan sebagai jalur mudik Lebaran 2023.

Tol Solo - Yogyakarta - NYIA Kulonprogo seksi 1 ditargetkan rampung 2024. Ruas tol yang menghubungkan i Kartosuro hingga Simpang Susun (SS) Purwomartani, Kabupaten Sleman memiliki panjang 42,38 km.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR, Basuki Hadimuljono, mengatakan Tol Solo - Yogyakarta - NYIA Kulonprogo merupakan Proyek Strategis Nasional. Tol ini dibangun untuk mengurai kemacetan di Provinsi Jawa Tengah dan DI Yogyakarta.

“Untuk PSN Tol Solo-Yogyakarta, tahun 2024 semoga sudah dapat dimanfaatkan masyarakat sampai Purwomartani, karena tol ini memang sudah sangat ditunggu,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangan tertulis yang ditrima redaksi, Sabtu (22/7).

Konstruksi Jalan Tol Solo - Yogyakarta - NYIA Kulonprogo Seksi 1 sepanjang 42,38 km dikerjakan oleh kontraktor PT Jogjasolo Marga Makmur dalam 2 paket. Seksi 1 paket 1.1 ruas Kartasura-Klaten sepanjang 22,30 km dan Seksi 1 paket 1.2 ruas Klaten-Purwomartani sepanjang 20,08 km.

Basuki mengatakan, pengadaan lahan ruas Kartosuro-Klaten sudah 95,26% dengan progres konstruksi 53,3%. Sementara untuk ruas Klaten-Purwomartani progres lahan mencapai 79,96% dengan pekerjaan fisik 2,6%.

"Tol ini sangat ditunggu masyarakat karena lebih dari 25 ribu kendaraan lewat Solo-Yogja setiap harinya, sehingga sudah crowded, bahkan di periode tertentu sangat macet. Segera kita selesaikan supaya lalu lintasnya lebih lancar lagi," kata  Basuki.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...