Bansos Beras Diperpanjang, Badan Pangan Minta Bulog Tambah Stok

Nadya Zahira
25 Juli 2023, 18:18
beras, bulog, badan pangan
ANTARA FOTO/Budi Candra Setya/nz
Pekerja menata beras impor di gudang Bulog Ketapang II Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa (27/6/2023).

Pemerintah kembali akan menyalurkan bantuan pangan beras kepada 21,353 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) untuk akhir tahun 2023. Hal ini merupakan arahan langsung dari Presiden Joko Widodo. 

Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi telah menugaskan Perum Bulog untuk mempersiapkan kegiatan tersebut melalui surat nomor 171/TS.03.03/K/7/2023 tanggal 21 Juli 2023.

“Kami telah menugaskan Perum Bulog untuk mempersiapkan penyaluran bantuan pangan beras bulan Oktober, November, dan Desember 2023 mendatang,” ujar Arief dalam keterangan resmi, Selasa (25/7).

Arief juga akan memacu Bulog untuk terus menyerap beras guna menambah stok melalui pengadaan dari dalam negeri maupun luar negeri. Kendati demikian, prioritas pengadaan beras berasal dari produksi dalam negeri.

"Bapak Presiden Jokowi telah memerintahkan agar di akhir tahun 2023 nanti kita masih memiliki stok sekitar 1,2 juta ton untuk dibawa ke tahun 2024," ujarnya.

Besaran bantuan pangan beras tersebut sama dengan bantuan sebelumnya sebesar 10 kilogram per penerima yang akan digelontorkan dalam tiga tahap. Nantinya setiap KPM akan menerima 30 kg beras. Bantuan tersebut bersumber dari Cadangan Beras Pemerintah yang dikelola Perum Bulog.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...