5 Perusahaan Dalam Negeri Groundbreaking di IKN pada Agustus 2023

 Zahwa Madjid
28 Juli 2023, 12:49
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono meninjau pembangunan Ibu Kota Nusantara di Kalimantan Timur, Jumat (28/7).
Zahwa Madjid/Katadata
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono meninjau pembangunan Ibu Kota Nusantara di Kalimantan Timur, Jumat (28/7).

Lima perusahaan dalam negeri akan meletakkan batu pertama atau groundbreaking di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Agustus 2023. Selain lima perusahaan tersebut, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) juga akan melakukan peletakan batu pertama bulan depan.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, mengatakan lima penanam modal tersebut antara lain PT Pertamina, PT Pakuwon Jati Tbk, PT Medialoka Hermina Tbk, Jakarta International School (JIS), dan Jambuluwuk Hotel.

Basuki mengatakan, Pertamina akan membangun kantor pusat di IKN. “Kemarin bertemu dengan Bu Nicke (Dirut Pertamina) mengonfirmasi nanti kantor pusatnya di sini,” ujar Basuki saat meninjau area konstruksi IKN, di Kalimantan Timur, Jumat (28/7).

Sementara Pakuwon Jati akan membangun area komersial atau mal. Begitu juga dengan Hermina yang akan membangun rumah sakit. 

Basuki mengatakan, saat ini Kementerian PUPR tengah mempersiapkan lahan untuk groundbreaking enam infrastruktur tersebut. "Ini lagi persiapkan tanahnya, Agustus mulai groundbreaking," ujarnya.

Sebagai informasi, berbagai infrastruktur utama yang tengah dikembangkan secara progresif pada pembangunan IKN antara lain adalah area Istana Negara, pembagian kantor Kementerian dan perumahan aparatur sipil negara atau ASN. 

Basuki mengatakan, saat ini pihaknya tengah membangun istana negara. Sementara pemasangan sayap Garuda karya Nyoman Nuarta di Istana Negara rencananya akan dilakukan September 2023.

Halaman:
Reporter: Zahwa Madjid
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...