Progres Pembangunan Kantor dan Istana Presiden di IKN Capai 23%

 Zahwa Madjid
28 Juli 2023, 16:57
Progres pembangunan kawasan Istana di IKN Nusantara
Katadata/Zahwa Madjid
Progres pembangunan kawasan Istana di IKN Nusantara

Kementerian PUPR menyatakan progres pembangunan kantor dan Istana Presiden di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara sudah mencapai 23,2%. Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono menyebut pembangunan kawasan kantor dan Istana Presiden ditargetkan akan selesai pada Juni 2024 mendatang.

Untuk diketahui, Istana Negara di IKN dibangun di atas lahan seluas 100 hektare. Kawasan istana negara memiliki luas 50 hektare, sementara 50 hektare lainnya merupakan taman botani. Luas area bangunan hanya 8%, sedangkan sisanya 92% akan ditata menjadi ruang terbuka hijau.

Basuki menambahkan, Istana Kepresidenan akan terdiri dari 13 bangunan, yakni lapangan upacara, bangunan istana, kantor presiden, kantor Sekretariat Presiden, Kantor Staf Khusus, Paviliun Presiden, Wisma Negara, mess Paspampres, masjid, museum, bangunan pendukung, titik pemeriksaan, dan kebun raya.

Pantauan Katadata di lokasi, banyak pekerja yang dilibatkan pemerintah dalam pembangunan proyek IKN. Para pekerja tampak sibuk mengoperasikan alat-alat berat dan crane saat mengerjakan konstruksi di kawasan IKN. 

"Seluruhnya direncanakan pada Juni 2024 semua sudah lengkap. Kalau ini kantor presiden, kalau Istana Presiden kantornya di sini, Garuda di sini 230 meter lebarnya sayap Garuda," kata Basuki, saat meninjau Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Jumat (28/7). 

Basuki juga mengatakan, pada September 2023 ini rangkaian atau bila-bilah sayap Garuda untuk Kantor Presiden sudah mulai dipasang. Desain bilah-bilah tersebut dibuat oleh seniman senior Nyoman Nuarta. 

 "Ini September sudah bisa dipasang bilah-bilahnya Garuda itu oleh pak Nyoman. Agustus insyaAllah yakin bisa upacara, strukturnya sudah sambil selesai, toping off tinggal pasang bilah-bilahnya," ujarnya.

Adapun bilah-bilah Garuda yang berbahan dasar kuningan ini akan diantarkan langsung dari Nu Art, workshop milik Nyoman Nuarta yang berlokasi di Bandung, Jawa Barat.

Pada Juli 2024 mendatang  juga ditargetkan penyelesaian kantor-kantor kementerian lainnya, seperti Kantor Kemenko 1, 2, 3, dan 4. Kantor itu diperuntukan oleh Kementerian Bidang Perekonomian, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi,  Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan serta Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. 

Basuki menambahkan Kementerian PUPR, Kementerian Keuangan hingga Sekretariat Negara juga ditargetkan akan selesai dibangun. "Ada Kementerian Keuangan, Kementerian PUPR, Setneg di belakang ini (belakang kantor presiden)," jelasnya.

Reporter: Zahwa Madjid

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...