LRT Jabodebek Jalani Tiga Tahap Pengujian Sebelum Beroperasi Komersial

Lavinda
Oleh Lavinda
30 Juli 2023, 13:26
LRT
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Rangkaian gerbong kereta Lintas Rel Terpadu (LRT) memasuki Stasiun LRT Dukuh Atas, Jakarta, Kamis (6/7).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi kembali memeriksa langsung proses pengujian LRT Jabodebek pada Sabtu (29/7). Budi menyebut pengujian dilakukan dalam tiga tahap.

Tahap pertama yaitu, dengan pengoperasian semua LRT, untuk memastikan aspek keamanan dan keselamatan terpenuhi di semua kereta yang akan dioperasikan.

Tahap kedua, pengoperasian kereta dengan jumlah penumpang maksimal. Ujicoba tahap kedua ini sekaligus untuk memastikan pelayanan penumpang serta tingkat kenyamanan penumpang. Lalu, tahap ketiga dilakukan uji coba dengan headway ketat dan rute pulang-pergi (PP).

Budi ingin memastikan aspek keselamatan telah terpenuhi sebelum nantinya LRT Jabodebek mulai beroperasi secara komersial. 

"Ujicoba ini dilakukan hingga lima hari sebelum 18 Agustus, sehingga dapat segera kami laporkan kepada Presiden. Jika pengujian berjalan lancar, operasional LRT Jabodebek secara komersial dapat dilakukan saat merayakan ulang tahun ke-78 kemerdekaan Republik Indonesia,” kata Budi Karya seperti dikutip dari keterangan tertulis, Minggu (30/7).

Dalam proses uji coba, Budi meminta operator LRT untuk segera memperbaiki dan meningkatkan kinerja jika ada kelemahan dalam proses operasional.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...