LRT Jabodebek Melambat Saat Lewati Long Span, Rem Mendadak di Stasiun

Tia Dwitiani Komalasari
11 Agustus 2023, 10:30
Kereta ringan atau Light Rail Transit (LRT) melintas di jembatan rel lengkung (longspan) LRT Kuningan, Jakarta, Rabu (2/8/2023). Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo menyebutkan konstruksi jembatan lengkung dari Gatot Subroto menuju ke Kuningan salah d
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww.
Kereta ringan atau Light Rail Transit (LRT) melintas di jembatan rel lengkung (longspan) LRT Kuningan, Jakarta, Rabu (2/8/2023). Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo menyebutkan konstruksi jembatan lengkung dari Gatot Subroto menuju ke Kuningan salah desain sehingga menyebaBkan rangkaian kereta LRT yang melintas harus berjalan melambat.

Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Didiek Hartantyo menyatakan, bahwa Light Rail Transit atau LRT Jabodebek siap beroperasi secara resmi melayani penumpang pada 26 Agustus 2023. 

Hal itu dinyatakan Didiek setelah uji coba kedua yang dilakukan Presiden Joko Widodo pada Kamis (10/8) berjalan lancar dan aman, sesuai dengan standar keamanan transportasi. Dalam kesempatan itu, Jokowi mengajak sekitar 20 selebriti atau influencer untuk menjajal LRT Jab0debek.

Proses uji coba yang dilakukan dari stasiun Jatimulya hingga sampai stasiun Dukuh Atas itu ditempuh dengan kecepatan rata-rata 50 km/jam. Didiek mengatakan, KAI telah melakukan berbagai peningkatan kesiapan sarana dan prasarana, termasuk integrasi sistem software, sesuai dengan arahan Kementrian BUMN. 

Evaluasi dan perbaikan akan dilakukan secara berkelanjutan terutama pada software dan sistem automasi kereta. Hal itu sangat penting, mengingat LRT akan beroperasi secara otomatis tanpa ada masinis.

Melambat Saat Lewati Long Span

Didiek mengatakan, KAI juga akan melakukan pengawasan secara ketat terhadap jalur rel LRT, terutama yang berada di atas lalu lintas Ibukota. KAI telah melakukan berbagai penyesuaian jalur rel, sehingga pergerakan kereta masih dalam batas standar keamanan. Penyesuaian tersebut termasuk juga pada jadwal keberangkatan kereta.

“Khususnya di jalur yang berada di Kawasan segitigas emas: Kuningan, Gatot Subroto sampai ke Dukuh Atas, perjalanan LRT agak sedikit melambat, agar kenyamanan penumpang tetap terjaga,” tutup Didiek.

Berdasarkan pantauan wartawan Katadata .co.id yang mengikuti uji coba dengan Presiden Jokowi, pergerakan KRL Jabodebek memang melambat saat melewati long span antara Jalan Gatot Subroto dan Kuningan. Namun demikian, pergerakan LRT saat melewati lengkungan tersebut lebih cepat dibandingkan uji coba bersama Presiden Jokowo pekan lalu, Kamis (3/8).

Pada peninjauan kemarin, kecepatan pada lengkungan tersebut telah mencapai sekitar 20 km/jam. Didiek mengatakan, kecepatan tersebut telah sesuai dengan target dan sesuai dengan kondisi topografi di sekitar longspan LRT Kuningan.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...