3.000 Warga Riau dan Babel dapat Bantuan Pasang Listrik Gratis

Dini Hariyanti
Oleh Dini Hariyanti - Tim Publikasi Katadata
28 Agustus 2023, 16:28
Pada 2023, Program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) menargetkan 125.000 rumah tangga penerima bantuan, 3.000 di antaranya adalah warga Riau dan Bangka Belitung (Babel).
ESDM
Pada 2023, Program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) menargetkan 125.000 rumah tangga penerima bantuan, 3.000 di antaranya adalah warga Riau dan Bangka Belitung (Babel).

Pada 2023, Program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) menargetkan ada 125.000 rumah tangga penerima bantuan se-Indonesia. Peningkatan alokasi BPBL salah satunya dirasakan warga Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, naik menjadi 1.000 dari 103 penerima manfaat pada 2022.

Direktur Pembinaan Program Ketenagalistrikan Ditjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Wanhar mengatakan, peningkatan alokasi BPBL tahun ini juga akan dirasakan masyarakat di Kepulauan Riau, menjadi 2.000 dari 631 penerima manfaat BPBL pada 2022.

Wanhar menuturkan, program BPBL diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup dan kemandirian masyarakat. Melalui akses listrik sendiri, masyarakat penerima manfaat BPBL diharapkan tidak lagi tergantung kepada penyediaan listrik dari tetangga.

Senada, Anggota Komisi VII DPR RI Bambang Patijaya menuturkan, BPBL merupakan salah satu program prioritas yang mendapatkan perhatian serius dari Komisi VII DPR RI. Program ini memberi dampak langsung kepada seluruh lapisan masyarakat, khususnya rumah tangga kurang mampu.

"Mudah-mudahan BPBL ini penyemangat bagi kita untuk membuat kesejahteraan ekonomi masyarakat meningkat," ujarnya, dikutip dari keterangan resmi, Senin (28/8).

Program BPBL periode 2023 meliputi instalasi tenaga listrik dan biaya pemasangan, biaya sertifikasi laik operasi (SLO), biaya penyambungan (BP) baru ke PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) sebagai pelanggan golongan tarif 900 VA, serta pengisian token listrik perdana senilai Rp100.000.

Program BPBL sejauh ini mendapatkan sambutan positif dari masyarakat. Hal ini diutarakan Jefri (38) warga Kampung Mentigi, Kecamatan Bintan Utara, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau. Jefri adalah penerima manfaat BPBL periode 2022.

“Saya bersyukur mendapat bantuan ini. Sebelumnya, listrik saya menyalur ke rumah orang tua,” tuturnya. “Senang,” jawabnya singkat sembari tersenyum saat ditanya apa yang dirasakan setelah mendapatkan BPBL.

Ungkapan rasa senang turut disampaikan dua warga Desa Kurau Timur, Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung. Mereka adalah Tati (54) dan Rosyadi (33), keduanya adalah penerima BPBL periode 2022.

Halaman:

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...