Kereta Cepat Jakarta Bandung Mulai Beroperasi Awal Oktober 2023

Ameidyo Daud Nasution
2 September 2023, 22:28
kereta cepat, kemenhub, transportasi
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/rwa.
Rangkaian Electrical Multiple Unit (EMU) KCIC 400 AF menuju Stasiun Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) usai menjalani Hot Sliding Test di Tegalluar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (19/5/2023).

Kementerian Perhubungan menargetkan masyarakat bisa menggunakan Kereta Cepat Jakarta Bandung pada Oktober 2023. Saat ini uji coba terus dilakukan hingga transportasi tersebut dinyatakan siap beroperasi.

"Mudah-mudahan uji coba berjalan lancar dengan hasil yang baik," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam keterangan tertulis, Sabtu (2/9).

Soft launching pengoperasian kereta cepat dimulai pada 1 Oktober 2023. Pengoperasian dilakukan bertahap mulai delapan kereta pada bulan depan.

Bulan November, perjalanan kereta akan bertambah menjadi 28 kali. Angkanya akan bertambah menjadi 40 perjalanan pada Desember dan 68 perjalanan pada Januari 2024.

Menhub hari ini menjajal kereta cepat dari Stasiun Halim menuju Stasiun Padalarang dengan durasi 30 menit. Sedangkan kecepatan tertinggi kereta tersebut mencapai 352 kilometer per jam.

Tiba di Padalarang, Budi melanjutkan perjalanan dengan kereta feeder dengan waktu perjalanan 20 menit. "Dengan begitu, dari Jakarta menuju pusat Kota Bandung menempuh waktu sekitar 50 menit saja," demikian keterangan tertulis Kemenhub.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...