Jokowi Targetkan Kereta Cepat Jakarta Bandung Beroperasi 1 Oktober

Andi M. Arief
13 September 2023, 14:37
Presiden Joko Widodo berdiri di samping Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Stasiun Halim, Jakarta, Rabu (13/9/2023).
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Presiden Joko Widodo berdiri di samping Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Stasiun Halim, Jakarta, Rabu (13/9/2023).

Presiden Joko Widodo menjadwalkan Kereta Cepat Jakarta Bandung atau KCJB beroperasi pada 1 Oktober 2023. Hal tersebut disampaikan usai Kepala Negara melakukan uji coba KCJB dari Stasiun KCJB Halim ke Stasiun KCJB Padalarang hari ini, Rabu (12/9).

Jokowi mengaku dirinya baru pertama kali mengendarai KCJB walau telah empat kali mengunjungi lokasi proyek transportasi tersebut. Menurutnya, pengoperasian KCJB telah nyaman walau melaju hingga 350 kilometer (Km) per jam.

"Tidak terasa sama sekali guncangannya baik saat duduk maupun saat saya berjalan, sehingga inilah tanda peradaban," kata Jokowi di Stasiun KCJB Padalarang, Rabu (12/9).

Oleh karena itu, Jokowi mengharapkan agar pengoperasian KCJB secara dapat dilakukan pada awal Oktober 2023. Walau demikian, Jokowi menekankan harapan tersebut tidak diartikan sebagai tuntutan pemerintah.

Jokowi menegaskan waktu pengoperasian KCJB akan ditentukan oleh manajemen kereta cepat, yakni PT Kereta Cepat Indonesia Cina atau KCIC. Akan tetapi, Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menilai tidak perlu ada aspek yang disempurnakan terkait pengoperasian KCJB.

Pada saat yang sama, Jokowi mengakui konstruksi beberapa stasiun belum sempurna. Menurutnya, konstruksi stasiun KCJB baru mencapai 92% saat ini.

"Tapi, keretanya sudah siap, tinggal dimanfaatkan pengoperasiannya," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...