5 Jalan Tol Baru Siap Diresmikan Jokowi, Berikut Daftarnya

Tia Dwitiani Komalasari
15 September 2023, 12:34
Kendaraan melintas di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas simpang Indralaya-Muara Enim seksi simpang Indralaya-Prabumulih KM56 di Paya Besar, Payaraman, Kabupaten Ogan Ilir (OI), Sumatera Selatan, Selasa (29/8/2023). PT Hutama Karya (Persero) akan mengop
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/tom.
Kendaraan melintas di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas simpang Indralaya-Muara Enim seksi simpang Indralaya-Prabumulih KM56 di Paya Besar, Payaraman, Kabupaten Ogan Ilir (OI), Sumatera Selatan, Selasa (29/8/2023). PT Hutama Karya (Persero) akan mengoperasikan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas simpang Indralaya-Muara Enim seksi simpang Indralaya-Prabumulih sepanjang 63,5 km mulai 30 Agustus 2023 tanpa dikenakan biaya.

Lima jalan tol baru telah selesai konstruksinya dan siap diresmikan Presiden Joko Widodo. Jalan tol tersebut termasuk dalam Proyek Strategis Nasional.

Jokowi mengatakan, pemerintah terus mengupayakan pertumbuhan ekonomi secara signifikan melalui percepatan pembangunan infrastruktur di Indonesia salah satunya melalui Proyek Strategis Nasional (PSN). Selain itu PSN diharapkan juga dapat menciptakan efek domino bagi pemerataan kesejahteraan masyarakat yang berkelanjutan.

"Proyek Strategis Nasional bertujuan untuk memberi manfaat bagi rakyat, bukan menderitakan masyarakat. Sehingga dalam 8 (delapan) tahun terakhir proyek strategis nasional besar-besaran telah diselesaikan sebesar 161 PSN dan menyerap tenaga kerja 11 juta orang," ujar Jokowi, dikutip dari keterangan tertulis BPJT, Jumat (15/9).

Pada kuartal 3 tahun 2023 ini, Kementerian PUPR bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) telah menyelesaikan pembangunan 5 Jalan Tol yang masuk ke dalam Proyek Strategis Nasional (PSN). Beberapa jalan tol tersebut bahkan sudah beroperasi.

Berikut daftar lima jalan tol tersebut:

1. Jalan Tol Sigli - Banda Aceh Seksi 5 dan 6

Jalan Tol Sigli - Banda Aceh Seksi 5 dan 6 (Blang Bintang – Baitussalam) memiliki panjang 12,7 Km yang merupakan salah satu ruas utama Jaringan Jalan Tol Trans Sumatera. Jalan tol ini dikelola oleh Hutama Karya. 

Seksi 5 dan 6 Jalan Tol Sigli - Banda ini sudah beroperasi sejak Juni 2023 menyusul Seksi 2 - 4 (Seulimeum - Blang Bintang) sepanjang 35,8 Km yang sudah beroperasi terlebih dahulu. 

2. Jalan Tol Simpang Indralaya - Muara Enim Seksi 1

Jalan Tol Simpang Indralaya - Muara Enim seksi 1 (Sp. Indralaya - Prabumulih)  merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera. Jalan tol sepanjang 64,5 Km ini telah selesai konstruksinya dan sudah beroperasi sejak Agustus 2023.

Tol tersebut dikelola oleh Hutama Karya. Jalan Tol ini dapat memangkas waktu tempuh Palembang menuju Prabumulih dari 2 jam menjadi 1 jam.

3. Jalan Tol Serpong - Cinere Seksi 2

Jalan Tol Serpong - Cinere Seksi 2 (Pamulang - Cinere) dengan panjang 3,64 Km merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2. Infrastruktur ini telah selesai konstruksinya dikelola oleh PT Cinere Serpong Jaya. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...