Strategi Berkelanjutan RI Menjawab Tantangan Pengembangan Sawit

Dini Hariyanti
Oleh Dini Hariyanti - Tim Publikasi Katadata
5 Oktober 2023, 11:50
Optimalisasi produktivitas kelapa sawit ditempuh melalui Peremajaan Sawit Rakyat (PSR).
ANTARA FOTO/Muhammad Izfaldi/rwa.
Optimalisasi produktivitas kelapa sawit ditempuh melalui Peremajaan Sawit Rakyat (PSR).

Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP-KS) mencatat, upaya pengembangan industri kelapa sawit di Indonesia terus dibayangi sejumlah kendala. Beberapa tantangan yang digarisbawahi khususnya soal produktivitas.

Direktur Utama BPDP-KS Eddy Abdurrachman menyatakan, produktivitas kelapa sawit terbilang rendah. Produktivitas CPO rata-rata 3,6 ton per hektare (Ha) per tahun.

“(Angka itu) dengan potensi enam hingga delapan ton per Ha per tahun,” katanya dikutip dari keterangan resmi BPDP-KS, Rabu (4/10).

Optimalisasi produktivitas kelapa sawit ditempuh melalui Peremajaan Sawit Rakyat (PSR). Program ini dinilai berhasil mendorong pendapatan dan kesejahteraan petani kecil.

Tercatat, dana replanting yang sudah disalurkan sebesar Rp8,1 triliun untuk lebih dari 295.000 Ha area, serta lebih dari 130.000 petani kecil. Saat ini terdapat sekitar 2 juta Ha lahan perkebunan yang potensial untuk PSR.

BPDP-KS menyebutkan, Kabupaten Musi Banyuasin di Sumatera Selatan adalah daerah yang sudah menikmati hasil PSR. Per 13 Oktober 2017, terdapat 40.000 Ha luasan lahan kelapa sawit di kabupaten ini, mencakup 1,800 petani.

PSR merupakan salah satu program strategis nasional sebagai bentuk upaya pemerintah dalam meningkatkan produktivitas tanaman perkebunan sawit swadaya. Rata-rata produktivitas kini sebesar 18-20 ton per Ha per tahun, umur tanaman di atas 25 tahun.

Jumlah rupiah yang diterima setiap petani PSR mencapai Rp4 juta per bulan. Nilai ini terkait dengan produktivitas kebun kelapa sawit PSR yang sudah berumur tanam lima tahun, menghasilkan 22-23 ton TBS per Ha per tahun.

Pelaksanaan PSR sebetulnya bukan tanpa tantangan. Mengutip Katadata.co.id, Madani Berkelanjutan sempat mengidentifikasi sejumlah hambatan di dalam realisasi PSR.

Halaman:

SAFE Forum 2023 akan menghadirkan lebih dari 40 pembicara yang akan mengisi 15 lebih sesi dengan berbagai macam topik. Mengangkat tema "Let's Take Action", #KatadataSAFE2023 menjadi platform untuk memfasilitasi tindakan kolaboratif dari berbagai pemangku kepentingan yang disatukan oleh misi menjadikan Indonesia sebagai negara yang lebih hijau. Informasi selengkapnya di sini.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...