PLN dan Pos Integrasikan Rantai Pasok Logistik Kendaraan Listrik

Dini Hariyanti
Oleh Dini Hariyanti - Tim Publikasi Katadata
11 Oktober 2023, 14:46
Kerja sama PLN dan Pos Indoensia terutama terkait pengelolaan perpindahan barang, informasi, dan sumber daya lainnya dalam rantai pasok.
PLN
Kerja sama PLN dan Pos Indoensia terutama terkait pengelolaan perpindahan barang, informasi, dan sumber daya lainnya dalam rantai pasok.

PT PLN (Persero) bersinergi dengan PT Pos Indonesia (Persero) mengembangkan utilisasi aset dan logistik demi mendukung ekosistem kendaraan listrik. Kedua pihak menandatangi nota kesepahaman (MoU) khusus soal ini.

Melalui MoU tersebut, PLN dan Pos Indonesia berkolaborasi  dalam solusi logistik. Kerja sama yang dijalin terutama terkait pengelolaan perpindahan barang, informasi, dan sumber daya lainnya dalam rantai pasok, termasuk transportasi, penyimpanan, pengelolaan persediaan, dan pengiriman.

Selain itu, PLN dan Pos Indonesia juga akan bersinergi mengembangkan ekosistem kendaraan. Hal ini ditempuh melalui penyediaan infrastruktur pengisian daya kendaraan listrik di seluruh lingkungan kerja Pos Indonesia.

Wakil Menteri I BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, selama empat tahun terakhir pihaknya berupaya membangun sinergi dan integrasi logistik dalam ekosistem BUMN. Dirinya berharap, hal ini dapat membuat pemilik barang dan penyedia logistik terintegrasi efektif.

“Antara pemilik barang seperti PLN, Pertamina, Semen, Pupuk, dengan BUMN logistik ini disconnect. Memang, dulu waktu pendirian perusahaan yang supply chain-nya end-to-end, pemikirannya untuk efisiensi, semuanya harus internal,” ujar Kartika.

Dia mengimbuhkan, tantangan saat ini adalah bagaimana BUMN logistik memberikan layanan yang setara atau bisa lebih efisien dibanding dengan yang dilakukan internal BUMN pengguna jasa.

”Tentu, harapan kami, kalau BUMN berhasil mengintegrasikan dan scalling up dan menurunkan cost per unit maka diharapkan ekosistem ini bisa digunakan juga oleh swasta termasuk UMKM untuk bisa mendorong ekspor dengan biaya logistik yang lebih murah,” tutur Kartika.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...