PLN Operasikan Green Hydrogen Plant Pertama di Indonesia

Dini Hariyanti
Oleh Dini Hariyanti - Tim Publikasi Katadata
11 Oktober 2023, 14:27
Green hydrogen plant (GHP) ini merupakan hasil inovasi yang terus dilakukan PLN dalam menjawab tantangan transisi energi.
PLN
Green hydrogen plant (GHP) ini merupakan hasil inovasi yang terus dilakukan PLN dalam menjawab tantangan transisi energi.

PLN melalui subholding PLN Nusantara Power (PLN NP) kini mampu memproduksi 51 ton hidrogen hijau (green hydrogen). Hidrogen ini diproduksi melalui Green Hydrogen Plant (GHP) pertama di Indonesia, di kawasan Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) Muara Karang, Pluit, Jakarta.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menjelaskan, GHP tersebut merupakan hasil inovasi yang terus dilakukan PLN dalam menjawab tantangan transisi energi.

“Ini merupakan wujud nyata dari kolaborasi bersama Kementerian ESDM. Karya Inovasi ini kami lakukan dalam menjawab transisi energi,” tutur Darmawan dikutip dari siaran pers, Rabu (11/10).

Sementara itu, Direktur Utama PLN Nusantara Power Ruly Firmansyah menjelaskan, hydrogen plant di pembangkit listrik tenaga gas dan uap (PLTGU) Muara Karang memproduksi hidrogen yang digunakan untuk mendinginkan mesin pembangkit listrik.

Dari empat electrolyzer terpasang pada hydrogen plant, imbuhnya, unit pembangkit (UP) Muara Karang bisa menghasilkan 51 ton per tahun. Dari total produksi hidrogen tersebut, pihaknya hanya memanfaatkan 8 ton per tahun untuk pendingin generator pembangkit.

“Kami melihat peluang di dalam operasional peralatan hydrogen plant dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan hidrogen hijau sebagai value creation yang memberikan nilai tambah bagi bisnis kami,” ujar Ruly.

Melihat potensi yang ada, PLN Nusantara Power berinovasi memanfaatkan solar PV yang sudah terpasang di PLTGU Muara Karang, ditambah Renewable Energy Certificate (REC) dari pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) Kamojang. Dengan begini, perusahaan bisa memproduksi 100 persen hidrogen hijau.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...