Jokowi Temui PM Cina di Beijing, Bahas Investasi hingga Perdagangan

Muhamad Fajar Riyandanu
17 Oktober 2023, 17:35
jokowi, cina, investasi
ANTARA FOTO/Desca Lidya Natalia/nym.
Presiden Joko Widodo (kiri) berbincang dengan Perdana Menteri (PM) China Li Qiang saat mengadakan pertemuan bilateral di Diaoyutai State Guest House, Beijing, China, Selasa (17/10/2023).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Li Qiang di Diaoyutai State Guest House, Beijing, Selasa (17/10). Dalam pertemuan tersebut, Jokowi mengapresiasi perkembangan positif kemitraan strategis dengan Cina dalam 10 tahun terakhir.

Jokowi menyebut Cina telah menjadi mitra dagang terbesar sekaligus investor paling besar nomor dua di Indonesia. Hingga pertengahan 2023, investasi Cina ke Indonesia sudah mencapai US$ 8,6 miliar. Jumlah ini melesat signifikan daripada satu dekade lalu yang berada di angka US$ 280 juta.

"Kerja sama yang kuat ini akan berkontribusi bagi penguatan kerja sama regional dan internasional di mana perdamaian menjadi kunci utama," kata Jokowi sebagaimana dikutip dari siaran pers Youtube Sekretariat Presiden pada Selasa (17/10).

Selepas pertemuan dengan Perdana Menteri Li Qiang, Jokowi akan menuju Tiananmen Square untuk meletakkan karangan bunga atau flower tribute di Monumen Pahlawan Rakyat. Jokowi kemudian akan menuju China World Hotel untuk kemudian menggelar pertemuan bilateral dengan Presiden Sri Lanka Ranil Wickremesinghe.

Selanjutnya, Jokowi diagendakan untuk melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Cina Xi Jinping di Great Hall of the People untuk mendiskusikan topik peningkatan ekspor Indonesia, peningkatan investasi dan pembangunan ketahanan pangan.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...