PLN Kembangkan Ekosistem Kelistrikan Terintegrasi Berbasis EBT di IKN

Nadya Zahira
6 November 2023, 07:05
PLN Kembangkan Ekosistem Kelistrikan Terintegrasi Berbasis EBT di IKN
PLN
PLN dan Otorita IKN mengembangkan Green National Capacity City.

PT PLN (Persero) dan Otorita Ibu Kota Negara (OIKN) Nusantara resmi menandatangani nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) terkait pengembangan Green National Capacity City. Kedua belah pihak sepakat berkolaborasi membangun ekosistem ketenagalistrikan terintegrasi yang berbasis green, smart and beautiful untuk IKN Nusantara.

Melalui MoU yang ditandatangani tersebut, Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menyampaikan PLN telah merancang sistem kelistrikan untuk IKN Nusantara menjadi kota hijau yang listriknya berbasis pada energi baru dan terbarukan (EBT).

"PLN mendukung IKN Nusantara menjadi kota hijau, futuristik dan berkelanjutan, dan semuanya akan berbasis state of the art of technology,” ujar Darmawan, melalui keterangan resmi, Senin (6/11). 

Darmawan memaparkan, dalam implementasi konsep green, kelistrikan IKN Nusantara akan didukung oleh pembangkit listrik dari sumber daya terbarukan yaitu Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) 50 MW yang baru saja dilakukan groundbreaking pada Kamis, (2/11). 

Dia menyebutkan bahwa PLN dan OIKN juga akan melakukan pemetaan dan pemanfaatan hidro di sekitar IKN dengan potensi listrik yang dihasilkan sebesar 1.000 Megawatt (MW). Dengan begitu, sistem kelistrikan IKN Nusantara akan berasal dari energi baru dan terbarukan 100%.

Dalam mengakomodir pengembangan EBT di IKN, nantinya PLN akan membangun satu kawasan yang disebut sebagai Integrated Renewable Energy Zone, di mana terdapat pusat penelitian dan pengembangan EBT dari PLN Group.

Tidak hanya dari sisi hulu, Darmawan menuturkan guna mendukung penggunaan energi bersih, PLN juga akan menyediakan infrastruktur pengisian daya kendaraan listrik yang memadai untuk penggunaan kendaraan listrik sebagai sarana transportasi utama di IKN Nusantara.

Selanjutnya, IKN juga akan didukung oleh jaringan listrik dengan teknologi modern untuk menyalurkan listrik dari berbagai sumber pembangkit EBT ke seluruh kawasan IKN Nusantara. 

Dalam implementasi konsep smart tersebut, PLN akan membangun sistem transmisi dan distribusi pintar yang dibekali teknologi artificial intelligence (AI), di mana instalasi listriknya berada di bawah tanah sehingga lebih indah secara estetika sesuai dengan konsep beautiful

Darmawan mengatakan, untuk mengamankan operasional seluruh sistem kelistrikan tersebut, PLN akan membangun PLN Hub di IKN Nusantara. Ini adalah kawasan perkantoran PLN Group yang dilengkapi dengan hunian karyawan, pusat kesehatan dan creative center. 

Darmawan mengatakan, pembangunan IKN Nusantara sebagai kota hijau merupakan salah satu upaya PLN untuk mendukung program pemerintah dalam mencapai nol emisi bersih atau Net Zero Emission (NZE) pada 2060.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...