Tanggapi Pernyataan Jokowi, OIKN: Investor Asing Sudah Masuk IKN

 Zahwa Madjid
20 November 2023, 15:12
Pekerja melintas disamping proyek pembangunan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Kabupaten Penajem Pasert Utara, Kalimantan Timur, Kamis (8/6/2023).
ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/foc.
Pekerja melintas disamping proyek pembangunan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Kabupaten Penajem Pasert Utara, Kalimantan Timur, Kamis (8/6/2023).

Otoritas Ibu Kota Nusantara (OIKN) menyebut saat ini sudah ada investor asing yang menanamkan modalnya dalam proyek Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara. Namun, perusahaan tersebut bekerja sama dengan investor domestik.

Deputi Bidang Pembiayaan dan Investasi OIKN Agung Wicaksono mengatakan hal itu menanggapi pernyataan Presiden Joko Widodo pada pekan lalu yang menyebut belum ada investor asing masuk ke IKN Nusantara.

"Kalau boleh kami detailkan statement Bapak Presiden, investor asing belum masuk sebagai sendiri, tapi sebagai mitra investor domestik," ujar Agung dalam paparannya, Senin (20/11).

Agung pun merincikan beberapa kolaborasi antara investor domestik dengan internasional dalam pembangunan IKN Nusantara. Misalnya, Hotel Nusantara dan Swissotel (Accor Group Swiss), Training Center Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dan FIFA, RS Mayapada dan Apollo Hosipital dari India, Nusantara Intercultural School dengan Jakarta Intercultural School, PLN dengan Sembcorp Singapura, serta Pakuwon dengan Mariott International Amerika Serikat.

“Jadi nyata, investasi domestik di IKN itu dibarengi bersama-sama dengan dukungan investor asing,” ucapnya.

Saat ini, OIKN mencatat telah menerima 305 surat pernyataan minat  atau letter of intent (LOI) dari seluruh dunia untuk berinvestasi di Ibu Kota Nusantara. Sebanyak 172 merupakan investor dari Tanah Air.

Halaman:
Reporter: Zahwa Madjid
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...