Face Recognition KAI, Kado Pelanggan yang Kini Justru Menuai Keluhan

Agustiyanti
20 November 2023, 16:05
KAI, face recognition
Dok. PT KAI
Para Penumpang Stasiun Bandung Saat Memasuki Face Recognition Boarding Gate (30/09/2022). Sejak 28 September 2022, PT Kereta Api Indonesia (Persero) mulai mengujicobakan fasilitas Face Recognition Boarding Gate di Stasiun Bandung.

PT Kereta Api Indonesia atau KAI menerapkan inovasi baru yakni fasilitas pemindai wajah atau face recognition pada pintu masuk ruang tunggu atau boarding kereta untuk memberikan kemudahan kepada pelanggan. Namun, fasilitas yang disebut sebagai kado ulang ke-77 KAI kepada pelanggan ini justru menuai keluhan. 

Sejumlah penumpang mengeluhkan penggunaan inovasi ini yang justru dianggap menyulitkan penumpang dan tidak memiliki manfaat yang jelas. Beberapa bahkan mempertanyakan keamanan data jika menggunakan teknologi tersebut. 

Salah satu pemilik akun X, @fchkautsar bercerita, bahwa orang-orang yang tidak mau menggunakan face recognition saat masuk ke pintu ruang tunggu kereta di Stasiun Bandung hanya diizinkan masuk 10 menit sebelum kereta berangkat. Kondisi ini, menurut dia, seperti memaksa penumpang menggunakan fasilitas face recognition yang seharusnya merupakan pilihan.

Kondisi tersebut juga membuat antrean panjang karena para penumpang berbondong-bondong mendaftarkan diri untuk menggunakan pemindai wajah. Para penumpang pun akhirnya sulit untuk masuk ke ruang tunggu kereta tepat waktu. 

Ia juga mengeluhkan informasi yang kurang memadai dari pihak KAI. Menurut dia, pihak KAI tidak menjelaskan penggunaan face recognition dalam ketentuan dan syarat pembelian tiket.

Cuitan @fchkautsar direspons oleh banyak warganet lainnya. Sebagian dari mereka menilai, teknologi ini mubazir dan justru menciptakan hambatan di pintu masuk. Beberapa juga mempertanyakan keamanan data dari teknologi ini. 

Fasilitas pemindai wajah untuk masuk ke ruang tunggu kereta atau face recognition boarding gate telah diperkenalkan KAI sejak September 2022. Layanan ini bertujuan untuk mempermudah pelanggan KA jarak jauh yang ingin naik kereta api, tanpa perlu repot-repot menunjukan berbagai dokumen seperti boarding pass fisik, e-boarding pass, KTP, ataupun dokumen vaksinasi.

KAI bahkan menyebut layanan ini merupakan kado ulang tahun ke-77 KAI kepada pelanggan yang baru saja dirayakan pada 28 September 2022. Menurut KAI, fasilitas ini akan mempermudah pelanggan dalam melakukan perjalanan. Karena proses boarding yang jauh lebih cepat dan praktis, akan membuat pelanggan menjadi lebih nyaman dalam menikmati seluruh proses perjalanan menggunakan kereta api.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...