Ikappi : HET Minyak Goreng Tak Berlaku di Pasar Tradisional

Andi M. Arief
29 November 2023, 06:58
minyak goreng, minyak kita, minyak goreng curah
ANTARA FOTO/Muhammad Arif Pribadi/tom.
Pedagang menata minyak goreng curah di Pasar Raya Padang, Sumatera Barat, Sabtu (11/2/2023). Kementerian Perdagangan membatasi pembelian minyak goreng kemasan Minyakita sebanyak dua liter dan minyak goreng curah sebanyak 10 kilogram per orang dalam satu hari untuk menjaga ketersediannya.

Ikatan Pedagang Pasar Indonesia atau Ikappi menyebut rata-rata harga minyak goreng curah dan MinyakKita di pasar tradisional saat ini berada di atas harga eceran tertinggi.Kebijakan harga eceran tertinggi tak berlaku di pasar tradisional dan lebih terbentuk oleh mekanisme pasar. 

Sekretaris Jenderal Ikappi Reynaldi Sarijowan menjelaskan kebijakan harga minyak goreng di pasar tradisional terbentuk oleh mekanisme pasar alih-alih kebijakan HET. Maka dari itu, Reynaldi menyarankan pemerintah agar menambah pasokan Minyakita di pasar agar HET minyak goreng curah dapat diimplementasikan pada Minyakita.

Pemerintah menetapkan HET minyak goreng curah dan Minyakta Rp 14.000 per liter. Namun, Badan Pangan Nasional mendata rata-rata nasional harga minyak goreng curah telah mencapai Rp 14.670 per liter pada kemarin, Selasa (28/11). Harga minyak goreng curah stabil di rentang Rp 14.500 hingga Rp 15.000 per liter sepanjang tahun ini. 

Harga minyak goreng curah ditemukan di Maluku Utara atau hingga Rp 22.570  per liter. Sementara itu, harga terendah ada di Kalimantan Selatan, yakni senilai Rp 13.330 per liter.

Sementara itu, Kementerian Perdagangan juga mendata rata-rata nasional Minyakita per November 2023 mencapai Rp 15.056 per liter. Harga Minyakita stabil di rentang Rp 15.000 sampai Rp 15.100 per liter.

Harga Minyakita tertinggi pada bulan ini ada di Nusa Tenggara Timur yang mencapai Rp  17.240 per liter, sedangkan terendah di Kepulauan Riau, DI Aceh, dan Sumatra Utara senilai Rp 14.000 per liter. Nusa Tenggara Timur tercatat sebagai provinsi yang konsisten menjadi daerah dengan harga Minyakita tertinggi secara tahun berjalan.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...