Pertimbangan Penyesuaian HET Minyak Goreng Curah: Ketersediaan Stok

Agustiyanti
30 November 2023, 15:11
harga minyak goreng, migor, minyak goreng curah
ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/tom.
Ilustrasi. Rata-rata harga minyak goreng curah secara nasional per Oktober 2023 mencapai Rp 14.438 per liter.

Kementerian Perdagangan tengah mempertimbangkan penyesuaian Harga Eceran Tertinggi minyak goreng curah sebagai keberlanjutan program Minyak Goreng rakyat. Penyesuaian HET dibutuhkan agar harga dalam Minyak Goreng Rakyat mengikuti inflasi.

Program Minyak Goreng Rakyat adalah menjaga ketersediaan minyak goreng curah di dalam negeri. Hal tersebut dilakukan dengan penerbitan aturan kewajiban pasar domestik atau DMO dalam Peraturan Menteri Perdagangan No. 33 Tahun 2022 tentang Tata Kelola Program Minyak Goreng Curah Rakyat.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Isy Karim mencatat, rata-rata harga minyak goreng curah secara nasional per Oktober 2023 mencapai Rp 14.438 per liter. Angka tersebut lebih tinggi dari HET minyak goreng curah saat ini Rp 14.000 per liter.

"Harga rata-rata nasional Minyakita senilai Rp 15.100 per liter. Pemerintah menyimpulkan kebijakan program Minyak Goreng Rakyat dalam stabilisasi harga minyak goreng di dalam negeri," kata Isy kepada Katadata.co.id, Kamis (30/11).

Isy menyampaikan, program tersebut juga masih diperlukan untuk menjamin ketersediaan pasokan minyak goreng di pasar lokal. Sebagian minyak goreng hasil DMO dijual di pasar dengan merek Minyakita.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...