Alasan Jasa Marga Tidak Berikan Diskon Tarif selama Nataru 2023/2024

Andi M. Arief
14 Desember 2023, 14:26
jasa marga, nataru
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/nz
Pengendara mobil memasuki gerbang Tol Cikampek Utama, Karawang, Jawa Barat, Selasa (27/6).

PT Jasa Marga Tbk tidak memberikan diskon tarif kepada konsumennya selama Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Emiten jalan tol berkode JSMR ini beralasan masih mengevaluasi kebijakan diskon tarif yang diberikan pada musim mudik dan arus balik Lebaran 2023. 

Corporate Communication & Community Development Group Head JSMR Lisye Octaviana mengatakan perseroan akan menggunakan strategi rekayasa lalu lintas sebelum memberikan diskon tarif.

"Untuk Nataru 2023/2024, peningkatan lalu lintas diprediksi masih di bawah Lebaran 2023. Jadi, kami belum berencana mengadakan diskon tarif," kata Lisye dalam konferensi pers di kantornya, Kamis (14/12).

Selain itu, diskon tarif hanya dapat diputuskan oleh pemerintah melalui Badan Pengelola Jalan Tol. Untuk diketahui, BPJT memutuskan pemberian diskon tarif pada 17 ruas tol saat Lebaran tahun ini.

Secara rinci, BPJT memutuskan pemberian diskon tarif pada lima ruas tol saat arus mudik Lebaran 2023. Ruas tersebut adalah Jakarta-Cikampek, Bakauheni-Terbanggi Besar, Kayu Agung-Palembang, Tangerang-Merak, dan Cibitung-Cilincing. Lalu, diskon tarif pada arus balik diterapkan pada 12 ruas jalan tol, yakni sembilan ruas di Pulau Jawa dan tiga ruas di Pulau Sumatra.

Keenam ruas tol di Pulau Jawa yang dimaksud adalah Batang-Semarang, Pemalang-Batang, Pejagan-Pemalang, Kanci-Pejagan, Palimanan-Kanci, Cikampek (Cikopo)-Palimanan, Jakarta-Cikampek, Tangerang-Merak, dan Cibitung-Cilincing. Ketiga ruas tol di Pulau Andalas adalah Bakauheni-Terbanggi Besar, Terabnggi Besar-Kayu Agung, Kayu Agung-Betung.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...